Sukses

4 Permainan Sederhana Cerdaskan Bayi Anda

Ada pernyataan yang menyebutkan kalau dunia anak adalah bermain. Bermain bukan sekedar bermain saja. Anda juga bisa memanfaatkan permainan sebagai media edukasi. Sekarang, penelitian juga telah menemukan, permainan sederhana dan klasik bisa membantu kemampuan matematika

Sumber : mediaindonesia.com

ADA pernyataan yang menyebutkan kalau dunia anak adalah bermain. Bermain bukan sekedar bermain saja. Anda juga bisa memanfaatkan permainan sebagai media edukasi. Sekarang, penelitian juga telah menemukan, permainan sederhana dan klasik bisa membantu kemampuan matematika anak seiring dengan perkembangannya. Anda tidak harus menyanyikan nina bobo kepada anak Anda. Tapi, cobalah aktivitas berikut, cara mudah ini akan membuat Anda dan bayi Anda, usia 7 bulan-3 tahun, bisa bergembira dan belajar bersama.

Mempelajari ukuran benda

Anda pasti sudah tahu jawabannya "Seberapa besarkah seorang bayi?"Selanjutnya, Anda bisa mengembangkan konsep ini dengan melihat ukuran benda-benda yang berbeda lainnya. Misalnya, ambillah 2 buah gelas, ukuran kecil untuk anak dan 1 ukuran yang lebih besar untuk Anda. Anda bisa meletakkan benda ini berjejer. Bukan hanya gelas, Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada benda-benda lain di sekitar Anda termasuk berbagai mainan anak lainnya. Tapi jangan lupa, posisi juga sangat menentukan. Duduklah di samping anak Anda, dengan begitu Anda akan mempunyai persepsi yang sama.

Kemudian, ajarkan anak melihat ukuran benda mana yang lebih besar dibandingkan benda lainnya. Selanjutnya, letakkan mainan di berbagai lokasi di sekitar sebuah kotak atau mainan yang lebih besar. Selanjutnya, terangkan kepada anak mengenai mana yang dikatakan posisi "depan", "belakang", "samping". Anda bisa menggerakkan mainan di sekitar kotak, sambil terus menyanyikan kata "di depan" dan "belakang" atau kata lainnya. Cara sederhana ini akan membantu anak Anda mengenali ukuran dan posisi.

Menggabungkan dan memasangkan

Memilih mainan merupakan cara paling efektif untuk membantu bayi Anda mengenali bentuk dan ukuran. Cara mudah lainnya adalah dengan mengenalkan ide ini dengan memilih benda-benda yang sudah biasa dikenali bayi Anda. Sebagai contoh, isilah sebuah mangkuk dengan berbagai mainan dengan betuk berbeda, misalnya berbentuk ikan dan pin bulat. Pertama kali keluarkan mainan berbentuk ikan mas dan letakkan di satu tempat. Kemudian keluarkan yang berbentuk pin bulat dan letakkan di tempat yang berbeda. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan menggunakan kaus kaki yang berbeda warna atau balok-balok yang berbeda ukuran atau warna. Setelah ulang tahun pertamanya, bayi Anda mungkin sudah bisa melakukan hal ini sendiri.

Tepuk tangan

Semua orangtua biasanya tahu cara mengaduk dan menepuk adonan kue. Tahukah Anda, mengikuti gerakan ini sambil bernyanyi dan memegang tangan bayi Anda bisa menjadi sumber tawa dan kegembiraan Anda bersama. Menepuk tangan seperti ini, selain memacu kemampuan berbahasa dan koordinasi otot, juga mengajarkan konsep pra-matematika dan "pola penemuan" serta membantu bayi Anda memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Anda juga bisa menghidupkan musik dan bertepuk tangan serta menari mengikuti hentakan musik. Tidak hanya itu, baik di mobil atau di kamar mandi, Anda bisa menciptakan irama dengan benda-benda yang ada di sekitar dan ajaklah bayi Anda bertepuk tangan.

Berhitung

Anda bisa mengajari bayi Anda berhitung dengan berbagai cara. Menyanyi merupakan salah satu pilihan yang menarik. Anda bisa menggunakan lagu, misalnya "ada 5 anak ayam, mati 1 tinggal 4, mati 1 lagi tinggal 3" dan seterusnya sambil memperlihatkan jari Anda kepada anak atau memegang dan menggerakkan jari anak sesuai angka. Selain itu, Anda juga bisa menghitung jumlah garis di bajunya, berhitung satu per satu saat naik tangga, atau menumpuk mainan satu per satu sambil menyebutkan angkanya. Tapi jangan lupa, game artinya bersenang-senang. Jadi, jangan stres jika bayi Anda tidak terlalu tertarik. Anda bisa mencoba lagi di lain hari. Atau gunakan mainan anak dengan berbagai bentuk yang menarik sebagai bahan hitungan. Ini mungkin akan lebih bisa menarik perhatian bayi Anda.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar