Sukses

Lakukan Dengan Serius

Dr. dr. Nila Djuwita Farid Moeloek, Sp.M., yang akrab dipanggil Nila, ini seorang guru besar (pakar) dan aktivis kesehatan. Guru Besar dan Ketua Medical Research Unit Fakultas Kedokteran UI, Dokter Spesialis Mata ini seorang pemimpin yang aktif (aktifis)

Dr. dr. Nila Djuwita Farid Moeloek, Sp.M., yang akrab dipanggil Nila, ini seorang guru besar (pakar) dan aktivis kesehatan. Guru Besar dan Ketua Medical Research Unit Fakultas Kedokteran UI, Dokter Spesialis Mata ini seorang pemimpin yang aktif (aktifis) di berbagai organisasi. Kini telah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kesehatan RI, melengkapi kinerja Kabinet Kerja 2014.

Selain menjabat Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, dokter spesialis tumor mata yang cantik, ramah, energik dan cerdas, ini juga aktif sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), anggota Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), anggota International Society Orbital Disorder, Oculoplastic and Lacrimal Surgery, Ketua BPK PP Perdami dan Ketua/Anggota Seminat Tumor Mata-Plastik Rekonstruksi Perdami.

Nila Djuwita Moeloek, dokter ahli bedah mata asal Sumatra Selatan berdarah Minang kelahiran 51 tahun silam. Selain menjabat Ketua Medical Research Unit FKUI sejak 2007, itu telah menjadi motor penelitian-penelitian di Fakultas Kedokteran UI.

Pemilik gelar Doktor (S-3) dalam Ilmu Kedokteran dari Universitas Indonesia dengan nilai cumlaude ini dianggap turut berperan dalam meningkatan peringkat UI menjadi posisi 201. Pada tahun 2009, Universitas Indonesia berada di peringkat 201 Times Higher Education – QS World University Ranking atau terbaik di Indonesia. Peringkat UI naik tajam dari posisi 287 pada tahun 2008.

nila moeloekNila Djuwita memang sudah sangat dikenal di FKUI. Dia alumni S1 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Juga meraih gelar S2, Spesialis Mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Gelar Doktor (S3) juga diraih dari FKUI dengan disertasi tentang Model Diagnostik Pemeriksaan Tumor Orbita, Dalam Upaya Penemuan Tumor Orbita lebih dini.
Tidak ada alasan yang sangat spesifik bagi diinya ketika ditanya alasan utama untuk menerjunkan diri kepada dunia medis, Namun diakuinya, pengaruh dari orangtua yang berpprofesi sebagai dokter juga, membuatnya terpengaruh untuk mencintai dunia medis yang kini diabdikannya.

Mengenai kecintaannya kepada dunia kesehatan mata manusia, beliau memiliki kecintaan tersendiri terhadap tindakan-tindakan yang diambil pada penangangan pengobatan mata.

“Tapi dilain sisi juga, saya mencintai bagaimana spesialis mata mencitrakan sesuatu yang sesuai dengan kodrat sebagai wanita, yakni akrab dengan alat pisau, tapi karena saya agak kurang nyaman dengan pisau besar, saya pilih pisau yang lebih kecil, yang biasa dipakai tindakan mata (bedah mata-Red), selain itu, pisau juga lambing sebagai ketegasan,” jelas tutur beliau.

Agaknya ketegasan karakter yang dimilikinya membawa beliau kepada suatu sifat yang penuh konsistensi dan ketekunan. “Lakukan sesuatu pilihan dengan serius, jangan setengah-setengah,” ungkap jelasnya lebih jauh..[](DA)

Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM

RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI
Nama:
Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM
Nama Panggilan:
Nila
Lahir:
Jakarta, 11 April 1949
Jabatan:
Guru Besar dan Ketua Medical Research Unit Fakultas Kedokteran UI
Suami:
Prof Dr dr H Farid Anfasa Moeloek, SpOG (Mantan Menteri Kesehatan)
Anak:
- Ir. Muhammad Reiza Moeloek
- Ir. Puti Alifa Moeloek
- Puti Anisa Moeloek

RIWAYAT PENDIDIKAN
S1 Fakultas Kedokteran
Universitas Indonesia

S2 Spesialis Mata
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

S3 (Doktor) Ilmu Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan disertasi tentang Model Diagnostik Pemeriksaan Tumor Orbita, Dalam Upaya Penemuan Tumor Orbita Lebih Dini.

RIWAYAT KARIR
- Dosen Fakultas Kedokteran UI
- Guru Besar Fakultas Kedokteran UI
- Dokter Spesialis Mata RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta
- Dokter Spesialis Mata Klinik Mata Talang
- Ketua Medical Research Unit Fakultas Kedokteran UI (2007-2009)

RIWAYAT ORGANISASI
- Anggota Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta
- Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (1999-2004 dan 2004-2009)
- Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
- Anggota Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami)
- Anggota International Society Orbital Disorder, Oculoplastic and Lacrimal Surgery
- Ketua BPK PP Perdami
- Ketua/Anggota Seminat Tumor Mata-Plastik Rekonstruksi Perdami

1 Komentar