Sukses

Artika Sari Devi Ajarkan Pentingnya ASI Eksklusif untuk Buah Hati

Bayi yang masih berusia 0-6 bulan sangat penting mendapatkan asupan ASI eksklusif. Simak cara Artika Sari Devi memberi asupan ASI untuk sang buah hati.

Kehadiran sang buah hati semakin melengkapi kebahagiaan Artika Sari Devi. Puteri Indonesia 2004 ini kini memprioritaskan Sarah Ebiella Ibrahim, yang akan menginjak usia genap 2 tahun pada 23 Agustus 2010 nanti.

Seiring dengan kesibukannya, wanita yang akrab disapa Tika ini mengaku tidak pernah meninggalkan kewajibannya untuk memberikan asupan ASI eksklusif kepada sang buah hati.

Kapan dan di mana pun, Tika selalu menempatkan kebutuhan nutrisi si buah hati sebagai prioritas yang paling utama. Tika mengerti betul apa-apa yang paling dibutuhkan Sarah.

Seperti ketika merampungkan film terbarunya, Roman Picisan yang bekerjasama dengan arahan sutradara Rako Prijanto, Artika ikut serta membawa Sarah ke lokasi syuting. Bahkan, ketika adegan syuting dilakukan di luar kota sekalipun.

Sambil menjaga nilai profesionalitas yang dijunjung tinggi, Artika berusaha sebaik mungkin untuk tidak melupakan pentingnya ASI eksklusif sebagai nutrisi Sarah. Sebagai seorang ibu, ia pun selalu menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kelancaran ASI eksklusif sehingga nutrisi anak senantiasa terpenuhi.

Artikel lainnya: 6 Fakta Mengejutkan tentang ASI

1 dari 2 halaman

Nutrisi Penting untuk Kelancaran ASI Eksklusif

Tidak dimungkiri, nutrisi ibu selama masa menyusui memang sangat penting untuk diperhatikan demi kelancaran pemberian ASI eksklusif. Mengapa? Ini dia alasannya:

  • Kualitas ASI yang baik akan membuat tumbuh kembang bayi menjadi lebih optimal
  • Kuantitas ASI dapat berkurang apabila ibu tidak memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari
  • Asupan nutrisi yang beraneka ragam selama masa menyusui akan mengubah rasa ASI, sehingga bayi dapat merasakan variasi rasa. Ini dapat membantu bayi saat hendak beralih ke MPASI.
  • Kebutuhan 500 kalori per hari harus terpenuhi guna mendapatkan energi selama masa menyusui, dengan asupan makanan yang kaya nutrisi.

Artikel Lainnya: Kualitas ASI Perah Tak Sebaik ASI yang Diberikan Langsung?

Lebih dari itu, ASI eksklusif yang berkualitas juga bisa memberikan beragam manfaat berikut pada si buah hati:

  • Kebutuhan Nutrisi Selalu Terpenuhi

Komposisi nutrisi di dalam ASI dapat berubah-ubah menyesuaikan kebutuhan dan kondisi bayi selama masa pertumbuhan. Ini artinya, dengan pemberian ASI yang tepat, kebutuhan nutrisi bayi akan selalu terpenuhi.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Kolostrum di dalam ASI mengandung antibodi, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Dengan demikian, risiko bayi terkena penyakit bisa diminimalkan.

  • Perkembangan Otak Lebih Baik

Banyak penelitian yang menemukan bahwa bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki laju tumbuh kembang yang lebih baik. Hal ini terlihat dari skor IQ (intelligence quotient) yang lebih tinggi dan perilaku yang lebih baik pada anak yang mendapat ASI eksklusif dibandingkan yang tidak.

Artikel lainnya: Manfaat ASI Eksklusif bagi Tumbuh Kembang Bayi

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin mendapatkan semua kebaikan ASI eksklusif, berikut ini adalah beberapa nutrisi yang wajib didapatkan dalam jumlah seimbang setiap hari:

  • Asam Folat

Asam folat masih dibutuhkan selama masa menyusui untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Kadar asam folat yang dianjurkan adalah 600 mikrogram per hari, yang bisa Anda dapatkan dari sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan.

  • Zat Besi

Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Ibu menyusui membutuhkan 32 miligram zat besi dalam sehari, yang bisa didapatkan dari brokoli, bayam, daging, ikan, ayam, dan telur.

  • Kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk menjaga massa tulang ibu selama menyusui. Zat gizi ini juga perlu diberikan pada si Kecil melalui ASI untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi.

Anda dapat memperoleh kalsium dari susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Anda pun bisa mendapatkan nutrisi yang satu ini dengan mengonsumsi sayuran hijau.

  • Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan tulang, gigi dan kolagen. Ibu menyusui bisa mendapatkan pasokan vitamin C dari jeruk, jambu biji, mangga, brokoli, tomat dan kiwi.

  • DHA

DHA dapat meningkatkan produksi ASI. Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi DHA sebanyak 200 miligram per hari, yang bisa ditemukan dari ikan salmon, ikan tuna dan daging merah.

Ada pula nutrisi penting lain yang perlu dikonsumsi oleh ibu menyusui agar ASI eksklusif yang diberikan pada si Kecil sepenuhnya bermanfaat. Baca selengkapnya di sini.

ASI eksklusif adalah nutrisi anak yang paling baik, khususnya saat usianya masih dalam rentang 0-6 bulan. Maka dari itu, bagi Anda yang baru saja melahirkan, jangan pernah menyerah dalam memberikan ASI eksklusif pada bayi bagaimanapun kondisinya.

Jika Anda punya pertanyaan atau masalah mengenai ASI eksklusif, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar