Sukses

Ingin Kulit Sehat? Yuk, Konsumsi Vitamin Berikut

Kulit yang sehat bisa didapatkan dengan konsumsi vitamin, Apa saja vitamin untuk kulit yang wajib dikonsumsi? Ini daftarnya untuk Anda.

Kulit yang sehat utamanya berasal dari dalam tubuh. Artinya, apa pun yang masuk ke dalam tubuh akan tecermin di kulit Anda. Oleh karena itu, saat Anda membiasakan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, kulit sehat pun didapat.

Jenis Vitamin untuk Menyehatkan Kulit

Asupan vitamin untuk kulit sebenarnya sangat mudah ditemui dan didapat dari menu makanan sehari-hari.

Misalnya saja dari buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta asupan tambahan seperti suplemen makanan. Anda tinggal mengombinasikan dan memvariasikan konsumsinya setiap hari.

Lantas, apa saja sih vitamin untuk kulit supaya tetap sehat? Coba simak jenis vitamin yang bagus untuk kulit di bawah ini:

  • Vitamin A, untuk Melawan Penuaan

Terbukti melalui berbagai penelitian, vitamin A bisa melawan penuaan. Ada lebih dari 700 studi yang sudah mencoba dan membuktikan bahwa vit A (dikenal juga sebagai retinoid), bisa menahan juga dan melawan tanda-tanda penuaan.

Artikel lainnya: Lebih Penting Vitamin C atau Vitamin E untuk Kulit?

Nutrisi yang baik untuk kesehatan mata ini antara lain banyak terdapat di ubi jalar, wortel, dan brokoli.

Selain itu, cara penggunaan terefektif vit A adalah di malam hari. Retinoid yang didapat melalui resep dokter ini bisa bekerja antara 4-8 minggu.

Di sisi lain, ada pula efek samping yang bisa timbul, yakni iritasi, kemerahan, pengelupasan, dan kulit mengering. Untuk menghindari efek samping ini, aplikasikan obat ini tipis-tipis secara merata ke kulit, ikuti pula anjuran dokter,ya!

Jangan lupa untuk menambahkan pelembap serta menggunakan sunscreen (tabir surya) setiap hari.

  • Vitamin B3, Mendorong Kelembapan Kulit dan Mengurangi Kemerahan

Vitamin buat kulit ini banyak ditemukan pada produk losion, krim, dan serum, atau dikenal juga dengan nama niacinamide. Vit B3 terbukti menambah produksi ceramides dan fatty acids. Dua komponen ini memberi perlindungan pada kulit.

Ketika pelindung kulit menguat, lapisan terluar tubuh tersebut akan lebih baik dalam menjaga kelembapan dan terhindar dari iritasi. Itulah sebabnya, vit B3 cocok untuk kulit kering atau sensitif.

Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan vitamin B3 di malam dan pagi hari. Nutrisi ini juga sering digunakan untuk meredam efek samping retinoid. Selain mengurangi efek samping, keduanya secara bersama-sama dapat melawan penuaan.

Artikel lainnya: Hindari 4 Bahan Pengawet Ini dalam Produk Perawatan Kulit

  • Vitamin C, si Penghambat Tanda-tanda Penuaan

Melalui riset, ditemukan bahwa vitamin C berguna untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan, kulit bergelambir, dan tanda-tanda penuaan lain.

Nutrisi yang banyak terdapat di dalam jambu biji dan pepaya ini juga membantu menghaluskan dan mengenyalkan kulit, serta menghilangkan flek-flek hitam.

Penuaan kulit datang dalam bentuk yang berbeda-beda. Karena itu, dibutuhkan berbagai bentuk perlindungan untuk memperbaiki kerusakan pada kulit. Gunakan vit C di pagi hari sebelum tabir surya.

Artikel lainnya: Fakta dan Mitos Menjaga Kulit Awet Muda

  • Vitamin E, Melawan Kekeringan pada Kulit

Vitamin kulit ini banyak terdapat di tabir surya dan produk-produk setelah terkena sinar matahari. Produk yang terbaik adalah yang mengandung sekurangnya 1% vitamin E.

Riset membuktikan bahwa nutrisi ini memberikan perlawanan terhadap kekeringan dengan membantu memberikan pelembap natural pada kulit. Vit E juga mampu menetralisasi radikal bebas di dalam tubuh.

Bahkan, ada penelitian yang membuktikan bahwa nutrisi untuk kulit bisa mengurangi molekul jahat yang terjadi akibat paparan asap rokok.

Riset lain juga mencatat bahwa jika digunakan sebelum terkena matahari, vit E bisa mencegah kulit kemerahan, bengkak, dan kering.

Aplikasikan vitamin yang banyak terdapat dalam kacang-kacangan ini sebelum dan sesudah terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari langsung bisa merusak setengah dari suplai vit E alami kulit.

Jadi, pastikan untuk mengenakan tabir surya yang mengandung banyak vitamin E dan vitamin C sebelum terkena sinar matahari. Tentunya dengan kandungan SPF minimal 30. Baca selengkapnya di sini.

  • Vitamin K, untuk Mata Lebih Bersinar

Nutrisi ini banyak ditemukan di dalam krim mata yang juga mengandung retinol. Vitamin K dipercaya bisa membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

Senyawa yang dikenal juga sebagai phytonadione ini juga bisa membantu mengontrol aliran darah. Dapatkan zat gizi ini di dalam sayuran berdaun hijau, seperti kale, sawi, dan brokoli.

Itulah beberapa vitamin untuk kulit yang perlu Anda konsumsi. Pastikan asupan tersebut terpenuhi setiap harinya agar Anda memperoleh kulit yang cerah, lembut, serta sehat. Dapatkan informasi seputar kesehatan kulit lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

1 Komentar