Sukses

Bahaya Diet yang Berpotensi Picu Osteoporosis

Diet yang dilakukan dengan cara sembarangan bisa menjadi penyebab osteoporosis. Waspada, jangan biarkan penyakit tulang ini menimpa Anda!

Osteoporosis atau akrab dikenal dengan tulang keropos bisa terjadi jika tulang di dalam tubuh Anda kekurangan jumlah mineral. Kondisi ini membuat tulang sangat rapuh dan mudah patah meski hanya mengalami cedera ringan.

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), osteoporosis terjadi pada sedikitnya 200 juta orang di seluruh dunia. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja; baik pria maupun wanita.

Salah satu faktor risiko osteoporosis adalah pola makan yang rendah kalsium dan vitamin D. Ini berarti bahwa orang-orang yang menjalankan pola diet ketat tanpa memerhatikan keseimbangan asupan kalsium dan vitamin D berisiko tinggi mengalami osteoporosis di kemudian hari.

Artikel lainnya: 5 Tips Penting untuk Penderita Osteoporosis

Salah diet, Picu Osteoporosis!

Sebagian orang yang menjalani diet tanpa bimbingan ahli nutrisi cenderung mengurangi porsi makanan sehari-hari. Hal ini sebenarnya salah, mengingat tubuh membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah seimbang agar dapat berfungsi dengan optimal.

Sebagai akibatnya, salah satu kondisi yang bisa terjadi adalah osteoporosis. Penyakit ini mengintai siapa saja, namun lebih sering terjadi pada wanita. Pasalnya, siklus menstruasi yang dilalui wanita tiap bulan bisa membuat mineral dari tubuh hilang secara perlahan.

Nah, bila kalsium yang terbuang tidak tergantikan sesuai kebutuhan, maka potensi terjadinya osteoporosis semakin besar pula. Ditambah lagi, wanita yang sedang diet tanpa bimbingan ahli nutrisi biasanya akan dengan mudahnya menghindari konsumsi susu dengan alasan menjauhi lemak. Padahal, susu adalah sumber vitamin dan mineral, yang salah satu manfaatnya adalah mencegah osteoporosis.

Artikel lainnya: Ciri dan Tanda Bahwa Anda Berisiko Osteoporosis

Tidak hanya karena hal tersebut, risiko osteoporosis juga bisa meningkat jika pola diet yang salah diiringi dengan adanya faktor risiko berikut ini:

  • Terdapat riwayat keluarga dengan osteoporosis
  • Telah berusia lebih dari 30 tahun
  • Tidak berolahraga secara rutin dan teratur
  • Asupan protein yang rendah
  • Tidak mendapat paparan sinar matahari yang cukup
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid
  • Sering konsumsi kafein atau minuman mengandung alkohol
  • Memiliki kebiasaan merokok

Mengingat adanya risiko tersebut, lebih baik Anda introspeksi lagi pola diet yang dijalani. Hal ini dilakukan demi mencegah osteoporosis pada diri Anda.

Artikel lainnya: 8 Makanan Ini Rentan Picu Osteoporosis

1 dari 2 halaman

Cara Diet untuk Mencegah Osteoporosis

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar diet tidak berujung pada osteoporosis adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D ke dalam menu makanan sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa kalsium dan vitamin D merupakan dua komponen yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Kalsium itu sendiri berfungsi untuk menguatkan tulang, dan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Di samping itu, Anda juga perlu memastikan bahwa asupan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung protein, vitamin C, magnesium, vitamin K dan zink dalam jumlah seimbang. Hal ini benar-benar harus dilakukan, khususnya jika Anda ingin mencegah osteoporosis sambil menurunkan berat badan.

Lantas, bagaimana dengan pantangannya? Adakah asupan yang mesti dihindari agar pola diet sehari-hari tidak mencetuskan osteoporosis? Ada! Berikut ini beberapa makanan yang wajib dihindari bagi Anda yang ingin mencegah osteoporosis:

  • Makanan Tinggi garam

Makanan tinggi kadar garam dapat menyebabkan tubuh melepaskan kandungan kalsium dari tulang. Semakin banyak kalsium yang hilang, semakin besar pula risiko terjadinya tulang keropos.

  • Alkohol

Kelebihan kandungan alkohol dalam tubuh dapat menyebabkan kehilangan kepadatan tulang. Maka dari itu, berhenti minum alkohol saat ini juga!

  • Kafein

Kafein dapat mengganggu tubuh dalam menyerap kalsium. Zat ini bahkan disinyalir mampu menyebabkan penurunan kepadatan tulang, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Kacang Polong

Dalam kacang polong terdapat senyawa phytate. Senyawa ini dapat mengganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga bisa meningkatkan risiko terjadinya pengeroposan tulang.

Perhatikan lagi pola diet yang Anda jalani. Anda hanya ingin berat badan yang ideal tanpa khawatir risiko osteoporosis di kemudian hari, bukan?

Jika Anda punya pertanyaan seputar cara mencegah osteoporosis, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter. Anda bisa menggunakan fitur Live Chat, gratis selama 24 jam!

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar