Sukses

Apakah Virus Membuat Bakteri Lebih Mematikan?

Apakah Virus Membuat Bakteri Lebih Mematikan?

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana

Penelitian yang dilakukan di Universitas Leicester berfokus pada penyebab kematian mayor di rumah sakit di Inggris. Di daerah Inggris, statistic kesehatan nasional pada tahun 2007 menunjukkan data sekitar 8324 kematian disebabkan oleh bakteri Clostridium difficile. Bakteri ini merupakan penyebab utama diare yang berbahaya bagi manusia dan hewan dan sebagai salah satu penyebab kematian dimana terjadi peningkatan sekitar 28% dari tahun 2006.

Janet Nale dari Departemen Infeksi, Imunitas, dan Inflamasi sedang melakukan penelitian mengenai faktor yang berkontribusi  dan membuat Clostridium difficile menjadi sangat agresif. Nale mengatakan, “Bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri dan beberapa jenis dapat menyebabkan perubahan sifat dari host mereka, yaitu bakteri, atau mempengaruhi kemampuan dari bakteri tersebut untuk menyebabkan penyakit, Pada beberapa kasus, bakteriofag dapat mengubah sifat bakteri dari jenis ringan menjadi bakteri yang ganas.”

“Penelitian saya bertujuan untuk mencari tahu kontribusi dari virus yang menyebabkan peningkatan level infeksi dan menghasilkan Clostridium difficile R027. Penelitian ini akan menginvestigasi bakteriofag dari 91 strain Clostridium difficile R027 dari 9 rumah sakit di Inggris.

Hal ini akan membantu untuk lebih mengerti mengenai faktor utama yang menyebabkan Clostridium difficile menjadi sangat agresif dan menyebabkan kematian sehingga dapat kita cari pengobatannya.[](TRH)

    0 Komentar

    Belum ada komentar