Sukses

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Depresi

Depresi bisa terjadi pada siapa saja. Kenali tanda depresi dan cara mengatasinya, agar Anda tidak mengalami gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Hampir setiap orang pernah mengalami tekanan dalam kehidupan, yang berujung pada depresi. Meski demikian, depresi bukanlah suatu kondisi yang bisa dianggap sepele dan dibiarkan terjadi berkelanjutan.

Faktanya, depresi yang terjadi secara terus-menerus dapat menurunkan seluruh fungsi tubuh. Sebagai akibatnya, Anda akan kehilangan motivasi untuk menjalani hari, cenderung murung dan tidak berenergi.

Bukan hanya itu, depresi juga bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Bahkan, gangguan kesehatan mental yang satu ini juga bisa memicu munculnya keinginan untuk bunuh diri.

Atas dasar itu, jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam depresi. Kenali tanda depresi, dan lakukan tindakan penanganan sebelum terlambat!

Artikel lainnya: Anak Milenial Rentan Alami Depresi di Kantor, Ini Penyebabnya

1 dari 2 halaman

Cara Jitu Mengatasi Depresi Hingga Tuntas

Terdapat beberapa langkah kecil yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi depresi yang dialami, yaitu:

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara mengatasi depresi adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa makanan dengan asam lemak omega-3 (salmon dan tuna) dan asam folat (bayam dan alpukat) dapat membantu mengurangi depresi.

Artikel lainnya: Efektivitas Terapi Cahaya untuk Mengatasi Depresi

Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi makanan mengandung serat agar proses pencernaan lebih lancar sehingga energi tubuh Anda bisa lebih terjaga. Serat bisa ditemukan pada sayur dan buah segar, roti dan serealia gandum utuh.

  1. Olahraga Teratur

Lakukan olahraga atau aktivitas fisik paling tidak selama 30 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggu. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut, misalnya dengan jogging mengelilingi lapangan atau sekitar lingkungan tempat tinggal.

Olahraga ringan akan memperlancar aliran darah dan proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh khususnya otak, sehingga membuat Anda lebih waspada dan berpikir jernih.

  1. Tidur yang Cukup

Depresi dapat membuat Anda sulit untuk menutup mata. Hal ini bisa mengurangi waktu tidur dalam sehari, sehingga dapat membuat depresi makin parah.

Artikel lainnya: Atasi Depresi dengan Diet Mediterania

Apa yang bisa dilakukan? Mulailah dengan membuat beberapa perubahan pada gaya hidup Anda, salah satunya dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

  1. Lakukan Sesuatu yang Baru

Saat merasa tertekan dalam rutinitas, dorong diri Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Pergi ke museum, membaca buku di bangku taman, melakukan kegiatan sukarelawan di panti asuhan, atau ambil kelas bahasa bisa menjadi pilihan yang baik.

Ketika Anda menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang berbeda, ada perubahan kimiawi di otak. Mencoba sesuatu yang baru juga mengubah tingkat dopamin, yang dikaitkan dengan kesenangan, kenikmatan, dan pembelajaran.

  1. Tetap Jalani Rutinitas

Saat mengalami depresi, Anda mungkin ingin menarik diri dari kehidupan dan melepas tanggung jawab di rumah dan tempat kerja. Jangan lakukan ini!

Pasalnya, terlibat dan memiliki tanggung jawab dapat membantu Anda mempertahankan gaya hidup yang dapat membantu melawan depresi.

Artikel lainnya: Kiat Menghadapi Pasangan yang Sedang Depresi

  1. Cobalah Lakukan Hal yang Menyenangkan

Luangkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai. Rencanakan hal-hal yang biasa Anda nikmati, bahkan jika itu terasa seperti sedikit terpaksa.

Pergi ke bioskop, jalan-jalan atau berlibur dengan teman bisa menjadi pilihan. Dengan ini, pikiran bisa kembali relaks sehingga Anda bisa kembali menikmati hidup dan terlepas dari depresi.

  1. Hindari Minuman Ini

Hindari minuman beralkohol, teh, kopi, dan soda. Kesemuanya dapat membuat mengganggu metabolisme tubuh Anda, khususnya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Jika metabolisme tubuh terganggu, kadar gula darah cenderung akan rendah atau terlalu tinggi. Ini bisa membuat energi tubuh Anda tidak stabil, sehingga memicu terjadinya depresi yang parah.

Artikel lainnya: Depresi Saat Hamil, Kenali Tanda-tandanya di Sini

  1. Cobalah Melakukan Terapi Relaksasi

Cobalah untuk melakukan aktivitas yang bisa membuat Anda lebih relaks. Misalnya, pijat aromaterapi, akupunktur, shiatsu atau refleksologi.

Dengan melakukan terapi tersebut di tempat yang tepat, tubuh Anda akan merasa lebih relaks sehingga tekanan yang dialami bisa berkurang.

  1. Periksa ke Dokter atau Psikolog

Periksakan diri ke dokter atau psikiater. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menemukan jalan tengah dari permasalahan pemicu depresi yang dialami selama ini.

Anda juga mungkin akan mendapatkan suplemen untuk membantu tubuh tetap berenergi sehingga depresi bisa segera berlalu.

Jangan biarkan depresi terjadi berlarut-larut. Kenali gejala ataupun tanda depresi yang mungkin dialami, dan segera lakukan upaya untuk mengatasinya. Anda juga bisa bertanya mengenai tanda depresi atau cara mengatasinya pada dokter atau psikolog dari KlikDokter melalui Live Chat 24 Jam.

(NB/RPA)

1 Komentar