Sukses

Makna Di Balik Keluhan Wanita

Jika tubuh Anda dapat berbicara, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tubuh saat tubuh terasa sakit atau tidak nyaman. Dugaan bahwa keluhan-keluhan tersebut disebabkan oleh hal sepele harus

Oleh: dr. Dissy Pramudita

Klikdokter.com - Jika tubuh Anda dapat berbicara, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tubuh saat tubuh terasa sakit atau tidak nyaman. Dugaan bahwa keluhan-keluhan tersebut disebabkan oleh hal sepele harus disingkirkan karena mungkin keluhan-keluhan tersebut muncul akibat suatu hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Berikut ini akan Kami kupas beberapa penjelasan yang mungkin melatarbelakangi keluhan-keluhan Anda selama ini.

1. Bibir Pecah-Pecah
Artinya: Mungkin akibat infeksi jamur.

    Bibir kering dan pecah-pecah umumnya terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi sehingga diperlukan asupan cairan yang lebih banyak. Namun demikian, bibir pecah-pecah dapat juga terjadi akibat infeksi jamur pada daerah sekitar bibir. Jamur dalam jumlah sedikit umumnya dapat ditemukan pada kulit dan mulut yang sehat. Pada keadaan tersebut jamur tidak berbahaya. Namun jika terjadi perkembangbiakan yang berlebihan dari jamur maka salah satu gejalanya akan terlihat berupa pecah-pecah pada tepi mulut.

Saran: Hentikan pertumbuhan jamur

    Saat bibir pecah-pecah, tanpa disadari akan terdapat usaha mengatasinya dengan menjilat bibir lebih sering. Namun akibatnya terjadi penumpukkan air liur pada sudut mulut yang justru akan memicu perkembangan jamur di sudut mulut. Karena itu, untuk mencegah pertumbuhan jamur akan lebih baik jika keluhan bibir pecah-pecah diatasi dengan cara tepat sesuai penyebabnya, antara lain dengan minum banyak air dan dengan menggunakan pelembab bibir. Hindarilah untuk menjilat bibir terlalu sering. Jika terbukti memang telah terdapat infeksi jamur sebagai penyebab bibir pecah-pecah, maka pemberian obat-obatan antijamur dapat digunakan untuk mengatasinya.

2. Rasa Sakit pada Bahu atau Punggung
Artinya: Mungkin akibat adanya batu empedu

    Keluhan sakit punggung atau rasa nyeri pada bahu kanan dapat disebabkan oleh adanya kelainan pada kandung empedu (misal:batu empedu), meskipun lokasi kandung empedu (pada perut bagian kanan atas) terletak jauh dari rasa sakit itu sendiri. Wanita memiliki kecenderungan 2 kali lebih tinggi untuk mengalami batu empedu dari pada pria.

Saran: Ubah Jenis Makanan

    Makanan yang tinggi lemak dan kolesterol akan memperburuk keluhan yang dirasakan oleh penderita batu empedu karena lemak dalam usus akan memicu kandung empedu untuk berkontraksi lebih kuat. Karena itu cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi serat.
    Jika timbul keluhan nyeri bahu yang tiba-tiba, terutama setelah mengkonsumsi daging berlemak, segera hubungi dokter akan kemungkinan adanya batu empedu.

3. Gusi Merah Terang  
Artinya: mungkin ada kebiasaan mengerat gigi atau mengatupkan rahang kuat-kuat saat tidur

    Gusi yang sehat warnanya merah muda. Bila gusi berubah warna menjadi merah terang, atau di bagian tepi gusi terlihat warna yang lebih merah dari sekitarnya maka itu merupakan tanda adanya peradangan atau iritasi pada gusi.  Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kebiasaan mengerat gigi (bruxism) atau mengatupkan rahang kuat-kuat (tooth clenching). Kebiasaan ini biasanya dilakukan tanpa sadar saat tidur malam, atau di siang hari pada orang yang mengalami stress berat. Tooth clenching menyebabkan gigi menerima beban yang berlebihan, dan diteruskan ke jaringan pendukung gigi yaitu gusi dan tulang. Akibatnya gusi dapat mengalami peradangan (gingivitis) dengan ciri warna menjadi merah terang. Umumnya kondisi ini juga disertai periodontitis (peradangan jaringan periodontal).

Saran: Pakai mouth guards

    Mouth guard adalah suatu alat yang dapat dilepas pasang oleh pasien, bentuknya seperti pelindung gigi pada atlet. Pada kasus tertentu, pemakaian dental mouth guard memberi dampak yang sangat baik untuk mengurangi kasus bruxism dan tooth clenching, dan dengan demikian akan mengurangi peradangan gusi. Alat ini dibuat di lab setelah dokter gigi mencetak mulut pasien, supaya alat pas pada rahang tiap-tiap pasien. Pada penderita bruxism yang diakibatkan oleh stress berat, yoga dapat menjadi solusi. Meski tidak ada penelitian yang menunjukkan hubungan langsung antara yoga dan bruxism, kegiatan/tindakan apapun yang mengurangi stress mungkin dapat mengurangi kebiasaan mengerat gigi di malam hari.

4. Benjolan yang Terasa Sakit Pada Kaki
Artinya: mungkin terdapat Morton’s Neuroma

    Morton’s Neuroma merupakan suatu penebalan atau pembesaran dari jaringan saraf, yang biasanya mengenai saraf pada sela antara jari kaki ketiga dan keempat. Awalnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kaki, yang selanjutnya akan berkembang menjadi rasa nyeri yang menyakitkan jika tidak ditangani dengan baik. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama akibat penggunaan sepatu hak tinggi atau sepatu yang terlalu sempit.

Saran: Gantilah sepatu anda.

    Jangan sepelekan rasa sakit pada kaki yang berlangsung selama berhari-hari. Segeralah memeriksakan diri ke dokter. Jika menurut hasil pemeriksaan dokter dinyatakan sebagai suatu neuroma, segeralah ganti sepatu yang biasa digunakan dengan sepatu hak rendah dan tidak sempit, istirahatkan kaki sejenak, dan minumlah obat-obatan untuk mengurangi inflamasi dan rasa sakit.

5. Paha Kesemutan
Artinya: Mungkin akibat pemakaian celana yang terlalu ketat

    Paha yang terasa kesemutan dapat terjadi akibat Skinny Jeans Syndrome atau Meralgia paresthetica, yaitu suatu kondisi yang terjadi akibat adanya penekanan dari luar terhadap saraf sensorik di paha (nervus kutaneus femoralis lateralis). Benda apapun yang menekan daerah sekitar paha dapat memberikan penekanan terhadap saraf tersebut dan menimbulkan keluhan ini, salah satunya adalah akibat penggunaan celana yang terlalu ketat.  

Saran: Gunakanlah celana dengan ukuran yang lebih besar.

    Hal utama yang harus dilakukan untuk menangani masalah ini adalah dengan menghentikan penggunaan celana yang terlalu ketat. Dengan mengganti celana yang lebih besar maka dengan cepat keluhan tersebut akan menghilang. Jika rasa sakit terus berlanjut, maka pemberian suntikan steroid dapat diberikan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang ada.

Begitu banyaknya hal-hal yang tidak terduga ternyata dapat melatarbelakangi keluhan anda selama ini. Sayangilah diri Anda. Setiap keluhan yang Anda rasakan merupakan sinyal dari tubuh anda bahwa terdapat sesuatu yang salah dan harus dikoreksi. Dengan tindakan yang tepat dan sederhana telah cukup membantu tubuh anda untuk menjalankan fungsinya dengan baik dan sehat.[](DP/MM)

Sumber:

    0 Komentar

    Belum ada komentar