Sukses

Nikmati Libur Akhir Tahun dengan Gigi Sehat

Nikmati Libur Akhir Tahun dengan Gigi Sehat

Oleh : drg. Martha Mozartha

 

Bagi Anda yang merayakan Natal, tentu merupakan momen yang tepat untuk berkumpul dengan anggota keluarga. Tidak lengkap rasanya tanpa perjamuan dengan berbagai makanan yang menggugah selera. Aneka makanan yang menggunakan daging seperti daging ayam atau sapi sering menjadi menu favorit. Tapi bagi Anda yang sering mengalami makanan terjebak di sela gigi, perlu perhatian khusus setelah menyantap makanan-makanan tersebut. 

Biasanya makanan mudah terjebak di antara gigi yang posisinya kurang normal, terdapat jarak atau justru tumpang tindih. Makanan yang terselip ini sulit dibersihkan, malah jika Anda menyikat gigi di malam hari secara asal-asalan, daging yang tersangkut bisa jadi masih tertinggal. Akibatnya daging sisa makanan Anda masih terselip di sela gigi sepanjang malam di saat Anda tidur. Daging-dagingan memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi dan akan diolah oleh bakteri menjadi senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut.  Tak heran pagi hari saat Anda bangun mulut terasa berbau tak sedap, padahal malam sebelumnya penyikatan gigi sudah dilakukan. Bila hal ini sering terjadi, lama kelamaan akan terjadi karies di sela gigi tersebut, bahkan sering tidak disadari oleh penderita.

Oleh karena itu, sikat gigi harus dilakukan secara seksama setidaknya selama 2 menit dan paling baik dilakukan di hadapan cermin. Dengan demikian Anda dapat melihat bagian mana saja yang belum terjangkau sikat gigi. Gerakan sikat gigi sebaiknya secara vertikal (atas-bawah) dengan sedikit memutar dan meliputi gusi. Hal ini dilakukan sebagai upaya membersihkan daerah tempat menumpuknya plak di sekitar leher gigi yaitu di perbatasan gusi dan gigi, sekaligus untuk memijat gusi. Tidak perlu tekanan keras dan berlebihan, dan jangan menyikat gigi secara horizontal (kanan-kiri) karena dapat merusak perlekatan gusi dan gigi. Yang juga penting untuk dilakukan adalah membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang khusus (dental floss) yang cukup mudah didapat di apotik atau drug store. Selamat menikmati liburan panjang akhir tahun bersama keluarga Anda.[](MM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar