Sukses

Menikmati Liburan Akhir Tahun dengan Gigi Sehat

Sakit gigi saat liburan pasti merusak mood. Ingin tahu tips gigi sehat? Baca selengkapnya di sini ya!

Libur akhir tahun seharusnya diisi dengan kegiatan kuliner atau aktivitas seru lainnya. Bukannya sibuk mencari dokter gigi yang buka atau cari apotik. Sebelum berlibur, ada baiknya kita juga mempersiapkan kesehatan gigi dan mulut kita. Simak dulu yuk tips gigi sehat di sini, tujuannya agar Anda memiliki gigi dan mulut yang sehat. Terbebas dari sakit gigi!

1 dari 5 halaman

Ciri-ciri Gigi Sehat

Sebelum sakit gigi menghantui Anda saat liburan, cek dulu apakah gigimu salah satu yang mempunya ciri sehat? Berikut ciri-ciri gigi sehat:

  1. Warna Gigi Dewasa Putih Kekuningan

Warna gigi dewasa normal adalah putih kekuningan. Namun, Pada beberapa orang ada juga yang memiliki warna gigi lebih putih atau lebih translusen. Faktor yang menyebabkan warna gigi seperti ini adalah dari ketebalan lapisan enamelnya.

Lapisan enamel atau email adalah lapisan gigi paling luar. Semakin tebal lapisan emailnya, maka gigi akan tampak lebih putih.

Semakin tipis emailnya, maka gigi akan terlihat agak kuning karena berbayang dari warna dentin di dalamnya. Dentin adalah lapisan kedua di dalam gigi.

Sedangkan jika lapisan dentin hanya setengah gigi, maka biasanya gigi akan tampak translusen atau transparan.

Artikel Lainnya: Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut pada Tubuh

  1. Tidak Ada Lubang Gigi

Adanya lubang gigi dapat menyebabkan rasa sakit di tengah liburan Anda. Jika lubang gigi besar dan dalam, maka rasa sakitnya bisa sampai saraf kepala.

Sebaiknya cegah terjadinya lubang gigi dengan rutin periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Tapi jika sudah terdeteksi adanya lubang gigi, sebaiknya segera dilakukan penambalan supaya tidak kemasukan makanan dan gigi akan bertambah sakit.

  1. Gusi Merah Muda dan Tidak Meradang

Gusi yang sehat itu yang berwarna merah mudah, tidak bengkak, tidak mengalami peradangan.

Jika mengalami radang gusi maka akan timbul gejala seperti gusi berwarna merah terang dan mudah berdarah saat sikat gigi.

Biasanya terjadi jika terdapat penumpukan karang gigi. Untuk mengatasinya harus dilakukan pembersihan karang gigi atau scaling setiap 6 bulan sekali.

  1. Lidah Basah, Tidak Kering

Jika produksi air ludah berkurang maka lidah akan kering dan menimbulkan gangguan. Sedangkan air ludah memiliki fungsi yang penting di dalam mulut. Fungsi air ludah antara lain: melembapkan rongga mulut, menetralkan keasaman mulut dari sisa makanan yang tertinggal sehingga dapat mencegah terjadinya lubang gigi.

  1. Bisa Berfungsi untuk Mengunyah dengan Baik

Untuk menikmati kuliner lokal selama liburan, pastikan gigi Anda tidak ada yang goyang. Karena gigi goyang akan menimbulkan rasa sakit bila dipakai untuk mengunyah.

Artikel Lainnya: 7 Buah Terbaik untuk Jaga Kesehatan Gigi

2 dari 5 halaman

Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat

Jika ciri-ciri gigi sehat di atas tidak Anda miliki, sudah waktunya mulai peduli kesehatan gigi dan mulut ya.

Apalagi selama liburan kadang kita suka malas melakukan rutinitas harian. Hal inilah yang akan memicu terjadinya keluhan di gigi. Lakukan cara merawat gigi agar tetap sehat, supaya liburan Anda bebas dari sakit gigi.

  1. Jangan lupa untuk selalu menyikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dengan durasi selama 2 menit.
  1. Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali, atau lebih cepat jika bulu sikat rusak. Menyikat gigi dengan bulu sikat yang rusak, hasilnya tidak akan maksimal.
  1. Gunakan pasta gigi mengandung Fluoride, karena dapat memperkuat lapisan email gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang.
  1. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Pola makan ini dapat mencegah Anda untuk terkena penyakit gusi.
  1. Hindari makanan dan minuman manis karena dapat menyebabkan lubang gigi. Segera sikat gigi jika Anda mengonsumsinya.
  1. Hentikan kebiasaan merokok. Para perokok berpotensi untuk memiliki lebih banyak penyakit gigi dan gusi dibanding non-perokok.
  1. Jika memakai gigi palsu atau retainer, maka harus selalu disikat bersih dan direndam dalam larutan khusus.
  1. Jangan abaikan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali walaupun saat itu tidak ada keluhan. Hal ini penting sekali untuk mendeteksi dini adanya masalah yang akan muncul dalam rongga mulut.

Untuk memelihara gigi dan gusi agar selalu sehat, sebetulnya amat bergantung pada perawatan gigi di rumah. Jadi, salah jika Anda berpikir bahwa yang sepenuhnya bisa merawat gigi Anda itu adalah dokter gigi.

Artikel Lainnya: 5 Makanan Untuk Gigi dan Gusi Sehat

3 dari 5 halaman

Cara Menyikat Gigi dengan Benar dengan Metode Bass

Supaya perawatan gigi di rumah bisa maksimal, Anda pun harus melakukan sikat gigi menggunakan metode Bass, yakni dengan cara bulu sikat pada permukaan gigi membentuk sudut 45 derajat dengan panjang gigi dan diarahkan ke akar gigi sehingga menyentuh tepi gusi.

Metode Bass ini paling efektif untuk membersihkan gigi dewasa dengan kondisi gigi dan gusi yang normal. Supaya lebih detail, berikut cara sikat gigi yang benar menggunakan metode Bass.

  1. Miringkan kepala sikat gigi menghadap permukaan luar, mulailah dari gigi paling belakang. Sehingga kepala sikat menutupi 3-4 permukaan dalam gigi.
  2. Posisikan bulu sikat agar menempel di leher gigi yaitu batas pertemuan antara gusi dan gigi, dengan kemiringan sudut 45 derajat.
  3. Berikan getaran lembut disertai gerakan maju mundur. Lalu gerakkan bulu sikat ke arah permukaan gigi seperti ingin mencongkel kotoran gigi dengan ujung bulu masuk ke saku gusi dan celah antar gigi.
  4. Lakukan gerakan ini beberapa kali pada setiap posisi. Gerakan yang diulang ini akan dapat membersihkan 1/3 mahkota bagian bawah, saku gusi dan celah antar gigi.
  5. Teruskan menyikat gigi dengan gerakan 3 gigi sekaligus.
  6. Lakukan gerakan yang sama pada permukaan gigi bagian dalam.
  7. Setelah selesai menyikat seluruh gigi atas, maka lanjutkan dengan gigi bawah.

Artikel Lainnya: Selamatkan Ginjal Anda dengan Gigi yang Sehat

4 dari 5 halaman

Tips Liburan Sehat

Walaupun Anda sedang menikmati liburan, tapi sebisa mungkin sikat giginya juga jangan ikut libur. Karena hal ini dapat memicu terjadinya masalah gigi. Agar liburan Anda berjalan sesuai dengan rencana, maka simak tips liburan sehat berikut ini ya!

  1. Selama liburan awasi rutinitas sikat gigi anak Anda. Dari 2 jadwal sikat gigi, Jangan ada yang terlewatkan dan pastikan sikat giginya tidak buru-buru, usahakan selama 2 menit.
  2. Nikmati rasa, aroma dan tekstur dari setiap suapan makanan Anda. Jangan berangkat ke suatu pesta dengan perut kosong, sehingga makan pun jadi berlebihan.

Lebih baik pIlih 1 atau 2 hidangan pencuci mulut yang paling Anda suka, daripada mencicipi sedikit-sedikit semua hidangan yang ada.

  1. Jangan lupa untuk selalu minum air putih sesering mungkin dan segera setelah makan makanan yang manis.
  2. Jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Misalnya 15 menit olahraga di pagi dan malam hari atau 2 kali 10 menit dengan berjalan.
  3. Konsumsi vitamin C dan A untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan jangan sampai kurang tidur.
  4. Sempatkan untuk melakukan ‘me time’ dengan membaca buku atau menonton film kesukaan atau meditasi relaksasi.

Jadi kini Anda sudah tahu kan betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut? Ingat tips gigi sehat di atas ya agar terhindar dari sakit gigi. Ingin bertanya seputar kesehatan gigi? Langsung tanya di Live Chat KlikDokter, yuk!

(RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar