Sukses

Kegiatan Positif dan Menyehatkan Saat Haid

Kegiatan Positif dan Menyehatkan Saat Haid
Sudahkah Anda merencanakan kegiatan liburan kali ini? Pastikan rencana liburan nanti menyenangkan dan isilah dengan kegiatan yang positif, termasuk bila liburan kali ini bertepatan dengan minggu menstruasi Anda. Coret rencana berdiam diri di rumah hanya karena menahan nyeri saat haid. Anda bisa loh melakukan kegiatan liburan yang positif yang tentunya menyehatkan dan sesuai dengan kondisi haid.
  • Olahraga Teratur
Mumpung libur, usahakan untuk selalu berolahraga setiap pagi, mulailah dengan jogging santai selama 15 hingga 30 menit sehari. Olahraga membuat stamina kita menjadi kuat dan membuat tubuh tidak terlalu cepat merasa lelah, apalagi wanita yang mengalami haid memang cenderung cepat merasa lelah. Selain itu, karena olahraga bisa mengeluarkan keringat, penimbunan cairan dalam tubuh pun bisa berkurang. Bukan hanya itu, efek bersemangat setelah berolahraga bisa meredakan kecemasan, perubahan mood, bahkan stres.
  • Senam Ringan
Senam ringan merupakan salah satu teknik relaksasi yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri. Hal ini disebabkan saat melakukan senam ringan tubuh akan menghasilkan hormone endorphin. Endorphin dihasilkan di otak dan susunan syaraf tulang belakang. Hormon ini dapat berfungsi sebagai obat penenang alami yang diproduksi otak sehingga menimbulkan rasa nyaman. Senam yang disarankan yaitu aerobik low-impact, yoga, pilates, atau strength training yang sederhana.
  • Berkuliner dengan Pola Makan Sehat
Perbanyak nutrisi dan asupan gizi saat Anda mengalami haid. Pilihlah wisata kuliner yang menyediakan menu makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi, seperti ayam, daging, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, dll, karena di saat haid kita butuh banyak pengganti nutrisi dan juga cairan tubuh. Selalu sediakan sebotol air putih di dalam tas Anda, dan jangan lupa untuk mengonsumsi minuman herbal yang mengandung kunyit, karena kunyit telah terbukti dapat meredakan nyeri haid. Sekarang ini, Anda sudah tidak perlu repot untuk meramu kunyit asam karena telah ada Kiranti Sehat Datang Bulan yang telah diramu dengan standar CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dan telah bersertifikat halal. Juga ada Kiranti Sehat Datang Bulan plus Juice dengan tambahan satu buah jeruk. Dengan kemasannya yang praktis, Kiranti siap menemani kemanapun Anda berlibur. Hindari junk food, makanan yang terlalu berlemak, minuman soda, minuman keras apalagi rokok, karena itu akan memperparah nyeri Anda yang akhirnya merusak moment liburan Anda.
  • Jangan Terlalu Lelah
Walaupun Anda disarankan untuk berlibur saat sebelum dan saat sedang haid, tetap usahakan untuk tidak terlalu lelah dan stress, karena dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur. Dengan tidak lancarnya siklus haid, maka masalah-masalah pra-menstruasi akan datang mengancam. Untuk itu beraktivitaslah secukupnya dan jangan lupa untuk beristirahat saat liburan.[](JRA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar