Sukses

Waspadai Jasa Pemasangan Behel Gigi di Situs Jejaring Sosial

Banyak orang tertarik ingin memakai behel gigi, tapi tidak sedikit yang mencari jasa pemasangan behel di situs online. Amankah? Simak selengkapnya di sini!

Tren jasa pemasangan behel melalui situs online dan jejaring sosial kian marak. Tak sedikit orang yang memilihnya dengan berbagai alasan, seperti harga yang murah dan juga lebih praktis.

Biaya yang dikenakan oleh dokter gigi untuk pemasangan behel hingga kontrol secara berkala memang relatif mahal dan menguras kantong. Lantas, apakah pasang kawat gigi via situs online ini aman?

Masalah keamanan tentu perlu dipertanyakan. Pasalnya, jika tidak dilakukan oleh dokter gigi yang kompeten, pemasangan behel justru dapat merusak kesehatan gigi dan mulut.

 

1 dari 3 halaman

Waspadai Menggunakan Jasa Pembuat Behel Gigi Online

Menggunakan behel merupakan salah satu perawatan ortodontik yang berfungsi untuk merapikan gigi yang tidak beraturan, seperti maju, mundur, atau tidak selaras dalam lengkung rahang. Semua prosedur pemasangannya memiliki standar operasional pada setiap tahap.

Artikel lainnya: Bahaya Melakukan Perawatan Gigi di Tukang Gigi

Beberapa cara dilakukan dalam mendapatkan ruang yang diperlukan untuk menggeser gigi tersebut hingga sesuai. Salah satunya dengan pencabutan gigi.

Namun, tidak semua kasus memerlukan tindakan pencabutan, bergantung pada seberapa besar ruang yang diperlukan. Oleh karena itu, pemeriksaan secara menyeluruh perlu dilakukan untuk mengetahuinya.

Pada tahap awal, dokter gigi akan memeriksa seluruh gigi pasien. Jika terdapat penumpukan karang gigi, harus dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya. Selain itu, apabila ada gigi berlubang, perlu dilakukan perawatan sebelum behel dipasang.

Selanjutnya, dilakukan pencetakan seluruh gigi sebagai duplikat untuk model belajar, serta menganalisis kebutuhan ruang. Pengambilan foto rontgen juga penting dilakukan agar dokter gigi dapat mengetahui posisi gigi pasien dan tulang rahang dalam menunjang rencana perawatan.

Perlu diketahui, pemasangan kawat gigi tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Hanya dokter gigi yang sudah berpengalaman dan memiliki izin resmi saja yang dapat melakukannya.

Bahkan, pada beberapa kasus, perawatan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi yang sudah memiliki gelar spesialis ortodontik. Sebab, dalam kurikulum pendidikan kedokteran gigi, dokter gigi umum tidak mendapatkan ilmu ortodonti secara mendalam layaknya spesialis ortodonti.

Di lain sisi, semua tindakan yang dilakukan dalam pemasangan behel harus berdasarkan pertimbangan medis. Hasilnya pun tidak dapat diperoleh secara instan.

Artikel lainnya: Merapikan Gigi Dengan Invisalign atau Kawat Gigi, Ini Bedanya!

2 dari 3 halaman

Dampak Buruk Apabila Tidak Dilakukan oleh Dokter Gigi

Kawat gigi bukanlah mainan atau aksesori semata di dalam mulut.  Jika pemasangannya tidak sesuai prosedur dan tidak dilakukan oleh profesional, dapat berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut. Terlebih bila alat yang digunakan tidak steril dan tidak dilakukan pemeriksaan sebelumnya.

Misalnya, kawat behel yang dipasang tidak sesuai. Ini dapat berakibat merusak letak dan fungsi dari gigi tersebut. Behel akan menekan atau menggeser gigi yang seharusnya tidak perlu diperbaiki.

Gigi bisa saja makin tidak beraturan atau bahkan tidak berkontak antara atas dan bawah. Pasien pun dapat mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan.

Selain itu, peradangan pada gusi merupakan salah satu efek yang sering muncul. Jika kondisi ini dibiarkan saja tanpa perawatan, lama-kelamaan akan merusak tulang rahang dan membuat gigi goyang hingga lepas.

Gigi berlubang bisa juga menjadi dampak dari pemasangan behel yang tidak sesuai. Ini bisa disebabkan oleh lem yang digunakan. Bila lem yang dipakai tidak sesuai akan merusak lapisan pelindung gigi.

Memilih jasa pemasangan behel di jejaring sosial justru berisiko bagi kesehatan gigi dan mulut! Lebih baik, langsung datangi dokter gigi yang kompeten saat ingin memasang kawat gigi. Masih ada pertanyaan seputar pemasangan behel gigi? Tanyakan pada dokter gigi via Live Chat!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar