Sukses

Kebahagiaan Orang Tua Pengaruhi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

Banyak faktor yang memengaruhi tumbuh kembang dan kesehatan anak. Kebahagiaan orang tua adalah salah satu faktornya. Simak penjelasannya di sini.

Orang tua mana yang tak ingin melihat si Kecil tumbuh berkembang baik sesuai tahapan usianya? Tentu itu impian semua orang, termasuk Anda. Tapi, tahukah kalau orang tua yang bahagia juga turut pengaruhi tumbuh kembang dan kesehatan anak? Yuk, simak ulasannya!

Tumbuh Kembang dan Faktor yang Memengaruhi

Salah satu hal yang sangat penting dari seorang anak adalah aspek tumbuh dan kembang. Aspek pertumbuhan adalah suatu proses penambahan parameter antropometri, seperti berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala.

Sementara itu, perkembangan adalah suatu proses pertambahan kemampuan anak dalam menjalankan fungsi-fungsi dasar. Ada empat aspek perkembangan utama yang perlu diperhatikan dari seorang anak. Yaitu, motorik kasar, motorik halus, bahasa dan kognitif, serta kemampuan sosial.

Setiap anak memiliki hak untuk memperoleh tumbuh kembang yang baik. Bahkan, anak yang mengalami suatu penyakit/cacat bawaan sekalipun memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang semaksimal mungkin.

Artikel lainnya: Tahapan Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Itulah sebabnya, aspek tumbuh kembang ini kerap dibahas dan diperbincangkan dalam dunia kedokteran, bahkan dalam masyarakat sekalipun. Karena kesehatan anak menjadi kebahagiaan orang tua.

Di sisi lain, ada banyak faktor yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Faktor-faktor tersebut meliputi tiga hal, yaitu asuh, asah, dan asih.

Asuh terdiri dari pemberian nutrisi yang baik, vaksinasi, sanitasi (kebersihan), dan pelayanan kesehatan ketika anak sakit. Asah meliputi pemberian stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak yang meliputi keempat aspek perkembangan di atas.

Adapun asih meliputi pemberian kasih sayang kepada anak, termasuk di dalamnya penerapan pola asuh yang benar kepada anak.

Artikel lainnya: Manfaat Omega-3 untuk Tumbuh Kembang Anak

1 dari 2 halaman

Pengaruh Kebahagiaan Orang Tua terhadap Anak

Nah, di balik asuh, asah, dan asih, kebahagiaan orang tualah yang menjadi fondasi agar ketiga proses ini dapat berlangsung optimal. Orang tua yang bahagia memiliki anak tentu akan lebih optimal dalam mengupayakan agar si Kecil mendapatkan ketiga faktor tersebut.

Tak hanya itu, kebahagiaan orang tua dalam kehidupan sehari-hari juga penting. Misalnya, menjaga keharmonisan dalam keluarga, tempat kerja, kecukupan ekonomi, dan juga kebahagiaan dalam lingkungan tempat tinggal juga menjadi cara untuk menjaga kesehatan anak.

Sebagai contoh, orang tua yang memiliki anak tidak diharapkan karena satu dan lain hal, tentu tidak akan menikmati proses merawat anak dari bayi hingga dewasa. Bahkan, anak dianggap sebagai beban yang mengganggu kehidupannya.

Jika hal ini terjadi, proses pemenuhan tiga kebutuhan dasar anak tersebut tidak dapat berjalan baik. Ujung-ujungnya, dapat terjadi gangguan tumbuh kembang anak. Apalagi jika terjadi kekerasan berulang terhadap si Kecil.

Artikel lainnya: Manfaat Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak

Anak yang mengalami kekerasan berulang di rumah sangat mungkin mengalami gangguan secara fisik dan mental.

Contoh lainnya adalah orang tua yang memiliki masalah dalam keluarga, misalnya pertengkaran pasangan yang terus-menerus. Hal ini akan berpengaruh terhadap mood keduanya.

Orang tua akan lebih mudah marah sehingga interaksi anak dan orang tua menjadi terbatas. Efeknya, anak juga yang menjadi korban.

Kesulitan ekonomi keluarga juga merupakan salah satu hambatan bagi seorang anak untuk mendapatkan kebutuhan dasarnya. Misalnya, pemberian nutrisi yang baik serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Padahal memenuhi kebutuhan dasar adalah cara menjaga kesehatan tubuh anak.

Terkait dengan proses pengasuhan seorang anak, perkembangan mental dan emosional anak juga perlu diperhatikan. Orang tua perlu memberikan perhatian yang cukup kepada anak sehingga anak merasa penting dan diperhatikan oleh orang tua. Hal ini juga akan mempererat hubungan (bonding) anak dan orang tua.

Jangan hanya sibuk bekerja dan mengurus anak, orang tua juga wajib bahagia demi tumbuh kembang dan kesehatan anak. Jalin komunikasi yang baik dengan pasangan, nikmati proses merawat anak, dan lakukan hobi Anda. Jadi, para orang tua, jangan lupa bahagia, ya! Intip tips seputar tumbuh kembang anak di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar