Sukses

Liburan Sehat

Liburan Sehat
Kerap kali rencana liburan kita diganggu dengan adanya beberapa masalah saat haid. Kini, kenali dulu beberapa isu yang mungkin kita hadapi saat haid nanti, sehingga kita tahu harus melakukan apa saat benar-benar mengalaminya.
  • Perut nyeri
Nyeri haid di hari pertama memang sudah biasa. Di dunia medis, penyakit ini disebut dengan istilah dismenore primer. Nyeri itu ada yang ringan dan samar-samar, tetapi ada pula yang berat, bahkan beberapa wanita sampai pingsan karena tidak kuat menahannya. Tapi jangan khawatir untuk terus berlibur saat haid, nyeri haid bisa dikurangi dengan berolahraga dan senam ringan, baik sebelum dan saat mengalami haid. Selain itu perbanyak untuk makan dan minum yang mengandung kalsium, seperti brokoli, salmon, susu rendah lemak, dan lainnya. Siapkan juga dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kunyit dari sebelum mengalami haid sampai setelah haid, karena kunyit terbukti secara medis dapat mengurangi nyeri haid.

  • Konstipasi (gangguan pencernaan)
Salah satu gangguan saat mengalami haid yaitu adanya konstipasi atau gangguan pencernaan. Konstipasi dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran. Jangan lupa untuk menjadikan sayuran sebagai salah satu menu penting dalam wisata kuliner dengan teman-teman Anda saat berlibur nanti!

  • Stress
Hindari stress dengan rutin berolahraga. Setiap hari lakukan senam ringan atau jogging selama 15 menit sampai 30 menit. Konsumsi pisang, outmeal, dan juga kentang untuk mengurangi stress.
  • Bad Mood
Mood yang berubah-ubah saat haid disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuh. Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti alpukat, kuning telur, juga hati, karena makanan-makanan tersebut mengandung banyak vitamin E yang dapat menstabilkan aliran menstruasi dengan memperbaiki lapisan rahim. Jika Anda mengonsumsi vitamin E dalam bentuk kapsul, dosis yang direkomendasikan adalah 200 IU vitamin E kapsul 2 kali sehari, diminum setiap hari selama dua hari sebelum dan tiga hari setelah menstruasi dimulai. Untuk praktisnya Anda bisa mengonsumsi minuman antioksidan yang sehat alami saat ingin berlibur tanpa terganggu masalah bad mood.
  • Terlalu Lelah

Hindari kelelahan saat berlibur, karena tubuh yang lelah akan lebih terasa saat haid. Teruslah berolahraga, karena dengan olahraga dan senam ringan yang rutin, Anda akan mendapatkan stamina yang kuat, dengan begitu Anda tidak akan cepat merasa lelah.

Kini Anda dapat merencanakan liburan tanpa takut terganggu oleh masalah-masalah saat haid. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup, tetap hidup sehat dengan pola makan sehat dan terus berolahraga. Stay health and fun, happy holiday!

    0 Komentar

    Belum ada komentar