Sukses

Ancaman Karies Mengintai Para Atlet

Di balik kegiatan olahraga yang menyehatkan, ternyata kesehatan gigi atlet terancam oleh karies. Apa penyebab karies gigi pada atlet? Ini penjelasannya!

Mengonsumsi snack bar merupakan hal yang biasa dilakukan para atlet. Camilan ini dianggap sebagai penambah energi dengan kandungan tinggi protein, vitamin, dan serat. Berbagai bahan pun ditambah demi memperkaya rasa, seperti kacang, cokelat, kismis, dan madu. Tapi rupanya, kudapan ini bisa menjadi penyebab karies gigi bagi para atlet.

Tak hanya para atlet sebenarnya, makanan yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja ini juga banyak diandalkan pekerja kantoran yang sibuk dan sering melewatkan waktu makan. Label ‘sehat’ yang telah menempel pada makanan ini membuat konsumen merasa aman saat menyantapnya.

Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa di balik manfaat tersebut, makanan ini ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan gigi.

 

1 dari 3 halaman

Makan Snack Bar Bisa Jadi Penyebab Karies Gigi

Jangan heran kalau snack bar bisa jadi makanan penyebab karies gigi. Pasalnya, teksturnya yang cenderung lengket, membuat makanan ini bertahan lebih lama di dalam mulut. Bakteri pun lebih mungkin mengubahnya menjadi asam yang merusak email gigi.

Artikel lainnya: Benarkah Gigi Ngilu Tanda Berlubang?

Terlebih lagi jika kudapan dikonsumsi bersama minuman berkarbonasi yang tinggi kandungan gula. Gula dalam produk-produk ini akan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan keasamannya meningkatkan risiko erosi gigi.

Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, tentu akan berdampak pada kesehatan gigi. Salah satunya adalah karies.

Awalnya, karies hanya berupa titik berwarna hitam yang muncul pada permukaan gigi.  Pada tahap ini, umumnya karies tidak menimbulkan suatu gejala apa pun.

Tapi lama-kelamaan, kondisi ini dapat meluas ke lapisan email gigi, dentin, dan pulpa jika tidak segera dilakukan perawatan.

Jika karies sudah mengenai lapisan dentin, umumnya akan muncul tanda-tanda, seperti rasa nyeri saat berkontak dengan makanan atau minuman dingin ataupun panas.

Selanjutnya, apabila telah meluas hingga ke pulpa, akan timbul rasa sakit berdenyut secara terus-menerus.

Artikel lainnya: Kenali 4 Penyebab Gigi Berlubang

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Gigi untuk Para Atlet

Tentu tidak ingin kebiasaan mengunyah snack bar membuat para atlet alami sakit gigi, bukan? Karena itu, hal yang harus segera dilakukan setelah makan camilan lengket ini adalah segera menyikat gigi.

Tindakan tersebut bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan dan minuman yang mengendap pada permukaan gigi sehingga mencegah proses terjadinya karies gigi.

Di samping menyikat gigi usai makan snack bar, terapkan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan pasta gigi berfluoride. Kandungan fluoride dalam pasta gigi mampu menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

Artikel lainnya: Berapa Lama Durasi Menyikat Gigi yang Benar?

Akan tetapi, beberapa atlet mungkin tidak memiliki waktu untuk membersihkan gigi usai mengunyah snack bar. Mereka dapat menggunakan alternatif lain, seperti mengonsumsi air putih yang diselingi berkumur setelah mengonsumsi makanan ringan tersebut.

Semua makanan yang menempel di gigi memang tidak lantas bersih dengan tuntas. Namun, tindakan ini setidaknya dapat membantu saliva atau air liur untuk membilasnya dari permukaan gigi.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengunyah permen karet bebas gula. Gerakan dari mengunyah permen karet tersebut dapat merangsang produksi air liur dan meningkatkan pH (tingkat keasaman) dalam rongga mulut. Kondisi basa di dalam mulut tidak kondusif bagi pertumbuhan bakteri.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss. Alat ini praktis untuk dibawa ke mana-mana dan dapat segera dilakukan setelah mengonsumsi makanan.

Makan snack bar memang bukan satu-satunya penyebab karies gigi pada atlet. Namun, dengan mengeliminasi salah satu penyebabnya, kesehatan atlet—terutama bagian gigi dan mulut—bisa lebih terjaga. Intip info kesehatan gigi dan mulut lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar