Sukses

Selamatkan Ginjal Anda dengan Gigi yang Sehat

Benarkah menjaga kesehatan gigi bisa berpengaruh pada kondisi ginjal Anda? Daripada bertanya-tanya, yuk, cari jawabannya di artikel ini.

Pernah nggak sih Anda mengabaikan sakit gigi, hingga lama-lama sakitnya menjalar sampai pipi, kepala atau leher? Sebenarnya, itu salah satu bukti kalau kesehatan gigi bisa berpengaruh ke bagian tubuh lainnya.

Itu sebabnya, menjaga kesehatan gigi serta mulut tidak bisa diabaikan atau dinomorduakan. Hal ini masih ditambah oleh fakta bahwa di dalam rongga mulut terdapat 500 jenis bakteri.

Jadi, saat menjaga kesehatan gigi, Anda ibaratnya mencegah supaya kuman tidak punya akses untuk berpindah ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan penyakit.

Pengaruh Kesehatan Gigi pada Tubuh secara Keseluruhan

Rongga mulut merupakan gerbang masuknya kuman melalui makanan, minuman, maupun udara. Karena itulah, rongga mulut adalah tempat berkumpulnya kuman baik dan jahat.

Artikel lainnya 5 Alasan Gigi Harus Dicabut

Jika jumlah kuman baik dan jahat di dalam mulut tidak seimbang maka dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, banyak juga penyakit gigi dan gusi yang ternyata merupakan dampak karena adanya penyakit yang lebih serius. Antara lain:

  1. Pada penderita diabetes, biasanya akan muncul peradangan gusi yang disebut periodontitis. Di mana awalnya terjadi gusi berdarah, lalu tulang penyangga menjadi rusak sampai gigi-gigi menjadi goyang. Jika periodontitis tidak disembuhkan maka bisa menyebabkan gula darah meningkat.
  2. Pada penderita penyakit jantung, umumnya level peradangan di dalam darahnya meningkat sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit gusi.
  3. Selain itu, kuman yang masuk melalui radang gusi bisa menyebabkan penyakit aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Jika tidak dirawat dapat menyebabkan aliran darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh. Akibatnya, risiko serangan jantung atau stroke pun meningkat.
  4. Pada penderita penyakit paru-paru, bisa mengalami infeksi jamur di rongga mulutnya karena xerostomia (mulut kering ) akibat penggunaan obat hirup (inhalasi).

Akan tetapi, selain masalah di atas, rongga mulut dan gigi yang tidak dirawat dengan baik juga bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal.

Artikel lainnya Ini Tanda Anda Harus Segera ke Dokter Gigi

1 dari 2 halaman

Hubungan Kesehatan Ginjal dengan Kesehatan Gigi

Hal ini terungkap dalam Pakistan Journal of Medical Sciences. Menurut jurnal tersebut, orang yang menderita penyakit ginjal kronis memiliki keluhan yang cukup banyak di dalam mulutnya, yaitu:

  • Mulut kering
  • Pembengkakan gusi
  • Pengerasan saluran akar gigi
  • Terlambat dalam tumbuh gigi
  • Pembentukan enamel gigi yang tidak sempurna
  • Perubahan pH mulut
  • Gusi yang berwarna pucat
  • Terdapat banyak karang gigi
  • Kondisi rongga mulut yang buruk
  • Sariawan lebar berwarna merah, putih dan abu-abu
  • Perubahan komposisi dan aliran air ludah

Agar sakit gigi pada penderita gagal ginjal bisa dihindari, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Perawatan gusi penyangga gigi (tanpa bedah). Ini dilakukan untuk tidak meningkatkan level peradangan dalam tubuh terutama pada pasien yang sedang melakukan terapi cuci darah.
  2. Melakukan pemeriksaan seluruh tubuh rutin sejak 1 tahun sekali mulai usia 45 tahun (medical check-up).
  3. Melakukan berbagai pencegahan yang terkoordinasi antara dokter gigi dengan dokter internis. Misalnya, perbaikan pola makan sehat, banyak minum air putih, hindari menahan kencing terlalu lama, dan menjaga kebersihan organ genital.

Dengan mengetahui adanya pengaruh antara gigi dan mulut dengan penyakit ginjal, Anda perlu memperhatikan kesehatan gigi setiap hari. Mulailah dengan melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi secara rutin, idealnya setiap 6 bulan sekali di dokter gigi. Cari tahu lebih banyak tentang kesehatan gigi di aplikasi Klikdokter!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar