Sukses

Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana cara meredakannya? Apakah harus ke dokter gigi, atau bisa sembuh sendiri?

Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Istilah tersebut mungkin memang benar adanya. Selain akan membuat mood menjadi buruk, kondisi ini tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Oleh karena itu, keluhan tersebut tentu tak boleh dibiarkan saja. Meskipun banyak pengobatan rumahan yang dapat mengatasinya, itu bukanlah solusi permanen.

Apa Benar Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Banyaknya mitos atau tips untuk mengatasi sakit gigi mungkin memang ada yang benar. Tapi tidak sedikit pula yang justru membuat kondisi tersebut semakin bertambah parah, terlebih bila informasi yang diberikan tidak akurat tanpa adanya landasan medis yang tepat.

Hal ini karena sejumlah orang masih banyak berpikir kalau memeriksakan diri ke dokter gigi sangatlah menakutkan dan membuat cemas. Mereka pun kerap menghindarinya.

Padahal, perlu digarisbawahi bahwa rasa nyeri di gigi sebenarnya tidak bisa sembuh sendiri, meski Anda menggunakan obat penahan rasa sakit. Obat ini hanya menghilangkan rasa sakit sementara. Saat pengaruh obat habis, gigi akan kembali terasa menyakitkan.

Jadi, solusi terbaik mengatasi sakit gigi tentu dengan melakukan perawatan gigi yang bermasalah di dokter gigi.

Segeralah berkonsultasi saat sudah merasakan tanda adanya masalah gigi, sebelum kondisi kian memburuk. Sebab, saat kerusakan telanjur terjadi, perawatan yang akan dilakukan justru lebih kompleks.

Artikel lainnya: Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

1 dari 3 halaman

Cara Meredakan Sakit Gigi

Munculnya rasa menyakitkan dan menusuk di gigi memang tidak mengenal waktu, bahkan saat tengah malam sekalipun. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meredakannya sementara waktu sebelum berkunjung ke dokter gigi:

  • Berkumur dengan Air Garam

Garam merupakan bahan yang mudah didapatkan di dapur. Dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, Anda dapat berkumur untuk meredakan sakit gigi. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit hilang.

  • Kompres Dingin

Jika wajah terlihat bengkak, kompres dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain bersih bisa menjadi pilihan yang dapat dilakukan. Ini bisa meringankan rasa sakit untuk sementara waktu.

Artikel lainnya: Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?

  • Minyak Cengkih

Bila Anda memiliki minyak cengkih, basahi kapas steril dengan minyak yang digulung kecil kemudian peras agar kelebihan minyak dapat dibuang. Lalu, masukkan kapas tersebut pada daerah gigi yang sakit.

Zat eugenol yang terdapat dalam cengkih berperan sebagai antiseptik dan anastesi lokal. Namun, pemakaian perlu dilakukan secara hati-hati, terlebih jika terkena jaringan lunak mulut.

  • Obat Penghilang Rasa Sakit

Mengonsumsi obat analgesik memang dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi untuk sementara waktu. Akan tetapi, ini tidak membunuh bakteri yang menjadi penyebabnya. Anda dapat membeli obat ini secara bebas di apotek.

Artikel lainnya: Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Dihindari Saat Sakit Gigi

Selain melakukan tips di atas, beberapa hal ini juga perlu dihindari saat Anda mengalami sakit gigi, antara lain:

  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, ataupun yang bersifat asam dan pedas. Sebab, hal ini dapat mengiritasi gigi dan semakin menimbulkan rasa nyeri.
  • Mengikuti cara-cara yang belum terbukti kefektifannya atau kebenarannya. Seperti, memasukkan minyak-minyak ke dalam gigi yang berlubang atau obat-obat lainnya.
  • Hindari mengonsumsi obat antibiotik secara sembarangan tanpa resep yang diberikan oleh dokter gigi. Hal ini berisiko memunculkan efek samping atau komplikasi lainnya jika penggunaan tidak tepat.
  • Alih-alih ingin mendapatkan perawatan dengan harga murah, sebaiknya hindari berobat ke tukang gigi yang tidak memiliki izin praktik resmi dan kompetensi dalam menangani masalah kesehatan gigi.

Bukan menjadi lebih baik, justru dapat memperburuk keadaan dan merugikan diri Anda sendiri.

Kini Anda sudah tahu kalau sakit gigi tidak bisa sembuh sendiri, tanpa perawatan yang tepat dari dokter gigi. Karena itu, saat muncul keluhan di gigi, segera periksakan pada dokter gigi sebelum makin memburuk. Intip tips lain mengatasi masalah gigi dan mulut di aplikasi KlikDokter.

[HNS]

0 Komentar

Belum ada komentar