HomeInfo SehatGigi MulutTak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi
Gigi Mulut

Tak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi

drg. Callista Argentina, 07 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sudah sejak lama daun sirih digunakan sebagai obat tradisional, termasuk untuk kesehatan gigi. Apa saja manfaat daun sirih untuk gigi dan mulut?

Tak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi

Karena khasiatnya, daun sirih telah dijadikan obat tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Hampir semua bagian dari tanaman sirih dapat digunakan sebagai obat. Tapi, yang paling banyak digunakan adalah daunnya.

Daun sirih mengandung antioksidan alami serta memiliki zat antibakteri. Karena sifat antibakterinya, ekstrak daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi zat asam hasil dari bakteri tersebut. 

Tak heran jika ekstrak daun sirih banyak digunakan dalam produk untuk kesehatan gigi. Sebenarnya, apa saja manfaat daun sirih untuk gigi? Mari ketahui selengkapnya di bawah ini. 

1. Mencegah Bau Mulut

Cara Cepat Mengatasi Gigi Ngilu dan Bau Mulut

American Journal of Ethnomedicine menyebutkan bahwa daun sirih mengandung minyak atsiri, yang di dalamnya tersimpan allylpyrocatechol (APC). Zat ini dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cuci bersih daun sirih segar sebanyak 2-4 lembar. Masukkan ke dalam gelas, seduh dengan air panas, lalu tutup rapat dan gunakan untuk berkumur selagi hangat.

Artikel Lainnya: Kiat Menjaga Gigi Tetap Putih bagi Perokok

2. Menurunkan Risiko Karies Gigi

Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Departemen Oral Biologi FKG Universitas Padjadjaran, terjadi perubahan keasaman air liur sebelum dan sesudah menyikat gigi menggunakan pasta gigi dengan kandungan ekstrak daun sirih, 

Rata-rata, derajat keasaman air liur naik dari yang tadinya asam menjadi basa. Pada kondisi air liur yang basa, bakteri Streptococcus mutans tidak dapat bertahan hidup. 

Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih bisa bermanfaat untuk mencegah gigi ngilu akibat gigi berlubang.

3. Menghambat Pembentukan Plak Gigi

Daun sirih ternyata bisa menghambat plak gigi. Suasana rongga mulut yang cenderung basa setelah menggunakan pasta gigi ekstrak daun sirih, membuat bakteri penyebab plak gigi juga berkurang. 

Dengan begitu, penumpukan plak pada gigi dapat berkurang. Namun, hasilnya akan lebih maksimal bila kamu juga menjalankan perawatan gigi lainnya secara rutin. 

4. Mengurangi Bau Mulut pada Perokok

stres picu bau mulut

Pada perokok, salah satu fungsi daun sirih untuk gigi dan mulut adalah mencegah bau mulut

Perokok aktif cenderung masih memiliki aroma dari dalam mulutnya walaupun sudah menyikat gigi. 

Dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi ekstrak daun sirih, maka dapat mengurangi bau mulut tersebut.

Artikel Lainnya: Ketahui Peran Air Liur dalam Mencegah Gigi Berlubang

5. Menyembuhkan Luka di Dalam Mulut

Apakah kamu memiliki luka di dalam mulut? Ketahuilah bahwa pengobatan Ayurveda menggunakan daun sirih dinilai mampu menyembuhkan luka di mulut. 

Selain itu, penggunaan daun sirih dianggap dapat menangani bisul atau abses di mulut. Akan tetapi, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memanfaatkan daun sirih untuk kondisi luka. 

6. Meningkatkan Produksi Air Ludah

Pada pasien yang memiliki gangguan fungsi kelenjar ludah, mereka bisa mengalami xerostomia atau dikenal dengan mulut kering. Dengan mengunyah daun sirih, maka dapat menstimulasi produksi air liur.

Lebih lanjut, konsumsi daun sirih juga dapat mengaktifkan otot pengunyahanmu. Hal ini tentunya akan ikut memengaruhi kondisi mulut. 

7. Mengobati Sakit Gigi

Menurut Indian Journal of Traditional Knowledge, tanaman sirih jenis Pedalium murex L bisa mengurangi sakit gigi atau gigi terasa ngilu yang bersifat sementara. 

Jadi, kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai pertolongan pertama untuk sakit gigi sambil menunggu waktu ke dokter gigi. 

Menurut jurnal Molecules terbitan MDPI, sifat antibakteri dari daun sirih -- yang sebagian besar mengandung fenilpropanoid -- juga dapat mengobati sakit gigi akibat penyakit gusi.

Namun, penggunaan daun sirih ini tidak bisa menggantikan tindakan pengobatan oleh dokter gigi. 

Artikel Lainnya: Stres Picu Bau Mulut

Jika kamu tertarik untuk mencoba pengobatan tradisional menggunakan daun sirih, maka kamu bisa merebus sekitar 10-15 gram daun sirih dengan 100 ml air putih. 

Berkumur dengan rebusan air daun sirih ini dapat mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri. Alhasil, pembentukan karang gigi tidak terjadi dan peradangan gusi dapat dicegah.

Cara lain yang lebih praktis adalah dengan menggunakan larutan kumur yang mengandung ekstrak daun sirih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan larutan kumur ini 2 kali sehari guna menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk gigi, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak daun sirih. Ini dapat membantu menaikkan pH air liur, sehingga menciptakan suasana basa yang nantinya mampu mencegah gigi berlubang. 

Dengan mengetahui manfaat daun sirih untuk gigi, diharapkan kita dapat mempergunakan bahan alami yang ada di sekitar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Jika kamu masih punya pertanyaan mengenai kesehatan gigi dan mulut, jangan ragu konsultasi dengan dokter di Tanya Dokter atau aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Gigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait