Sukses

Tak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi Anda

Sudah sejak lama daun sirih digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Kandungan daun sirih ternyata juga bisa bermanfaat untuk gigi.

Tanaman sirih sering kita lihat tumbuh liar di pagar-pagar rumah. Anda tentu sudah tahu bahwa sirih punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk gigi. Ya, manfaat sirih untuk gigi tak boleh diremehkan. Itulah mengapa sirih dijadikan obat tradisional sejak berabad-abad yang lalu.

Hampir semua bagian dari tanaman sirih dapat digunakan sebagai obat, tetapi yang paling banyak digunakan adalah daunnya. Daun sirih mengandung antioksidan alami dan juga sebagai zat antibakteri. 

Karena sifat antibakterinya, maka ekstrak daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi zat asam hasil dari bakteri tersebut. Oleh karena itu, ekstrak daun sirih banyak digunakan dalam produk yang digunakan dalam bidang kesehatan gigi.

1 dari 2 halaman

Manfaat Sirih untuk Kesehatan Gigi

Sirih memiliki khasiat dalam menangani berbagai masalah gigi dan mulut. Berikut ini adalah manfaat sirih untuk gigi: 

  1. Mencegah Bau Mulut

American Journal of Ethnomedicine menyebutkan bahwa daun sirih mengandung minyak atsiri, yang di dalamnya tersimpan zat allylpyrocatechol (APC). Zat ini dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut (halitosis)

Untuk mendapatkan manfaat sirih untuk gigi, cuci bersih daun sirih segar 2-4 lembar. Masukkan ke dalam gelas, seduh dengan air panas, lalu tutup rapat dan gunakan untuk berkumur selagi hangat.

Artikel Lainnya: Minum Air Rebusan Daun Sirih Bisa Redakan Radang Tenggorokan?

  1. Mengurangi Risiko Karies Gigi

Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Departemen Oral Biologi FKG Universitas Padjadjaran, terjadi perubahan keasaman air ludah sebelum dan sesudah menyikat gigi menggunakan pasta gigi dengan kandungan ekstrak daun sirih, 

Rata-rata, derajat keasaman air ludah naik dari yang tadinya asam menjadi basa. Pada kondisi air ludah yang basa (alkalin), bakteri Streptococcus mutans tidak dapat bertahan hidup. Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih bisa bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang

  1. Menghambat Pembentukan Plak Gigi

Manfaat sirih untuk gigi juga berhubungan dengan plak gigi. Ketahuilah bahwa suasana rongga mulut yang cenderung basa setelah menggunakan pasta gigi ekstrak daun sirih, membuat bakteri penyebab plak gigi juga berkurang. Dengan ini, pembentukan plak pada gigi akan berkurang. 

  1. Mengurangi Bau Mulut pada Perokok

Perokok aktif cenderung masih memiliki aroma dari dalam mulutnya walaupun sudah menyikat gigi. Dengan menyikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih, maka dapat mengurangi bau mulut tersebut.

Artikel Lainnya: Daun Sirih, Si Hijau Penjaga Kesehatan Vagina

  1. Menyembuhkan Luka di Dalam Mulut

Pengobatan ayurvedic menggunakan pasta daun sirih untuk menyembuhkan luka di mulut. Selain itu juga bisa menyembuhkan bisul atau abses di mulut.

  1. Meningkatkan Produksi Air Ludah

Pada pasien yang memiliki gangguan fungsi kelenjar ludahnya, bisa mengalami xerostomia atau mulut kering. Dengan mengunyah daun sirih, maka dapat menstimulasi produksi air ludah, dan juga mengaktifkan otot pengunyahan.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Menurut Indian Journal of Traditional Knowledge, tanaman sirih jenis lainnya yaitu Pedalium murex L bisa mengurangi sakit gigi yang bersifat sementara. 

Jadi, daun sirih bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk sakit gigi sambil menunggu waktu ke dokter gigi. Namun, penggunaan daun sirih ini tidak bisa menggantikan tindakan pengobatan oleh dokter gigi. 

Dengan mengetahui manfaat sirih untuk gigi, diharapkan kita dapat mempergunakan bahan alami yang ada di sekitar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut diri sendiri serta keluarga. 

Untuk membaca artikel kesehatan gigi dan mulut lainnya, bisa unduh aplikasi KlikDokter, ya!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar