Sukses

Waspadai Bahaya Penularan TB Paru!

Kepala Dinas Kesehatan Garut, dr Hendy Budiman, M.Kes, menyatakan, pihaknya tengah mewaspadai bahaya penularan penyakit TB Paru (TBC/ tubercolose)

Sumber : Kompas - PDPI Malang 

Kepala Dinas Kesehatan Garut, dr Hendy Budiman, M.Kes, menyatakan, pihaknya tengah mewaspadai bahaya penularan penyakit TB Paru (TBC/ tubercolose), karena setiap penderita bisa menularkan kepada 10-15 orang di sekitarnya.
     
Selama 2008 lalu bisa diketemukan sebanyak 1.231 penderita TB Paru atau mengalami peningkatan dibandingkan 2007 sebanyak 994 penderita, sedangkan pada 2009 ini ditargetkan bisa diketemukan penderita baru sebanyak 2.571 orang.
     
Sehingga untuk penanggulangannya selain terus memaksimalkan pencarian penderita baru, juga melakukan proses pengobatan secara rutin dan berkelanjutan, selain tentunya dilakukan advokasi, katanya.

Karena itu, kepada masyarakat diharapkan agar bisa segera melaporkan jika di lingkungannya terdapat penderita baru TB Paru, untuk selanjutnya dapat secepatnya dilakukan pendataan serta pengobatannya.

Namun, katanya, pola hidup bersih dan sehat, hendaknya senantiasa bisa dilakukan masyarakat termasuk penataan pencahayaan serta sirkulasi udara di rumah masing-masing harus memadai, sehingga mewujudkan suasana sehat dan segar.
     
Sementara itu, warga Kampung Pamoyanan Garut, Ela Hayati(33), menyatakan, meski di musim kemarau lingkungannya cukup bersih, namun setiap tiba musim penghujan, selain mengakibatkan lingkungan becek juga sumber air bersih sumur menjadi keruh.

Pemerintah daerah setempat diharapkan bisa melakukan peninjauan sekaligus pemeriksaan kesehatan kondisi sumber air bersih tersebut, yang kini setiap harinya dimanfaatkan oleh ratusan penduduk setempat, katanya.
  

    0 Komentar

    Belum ada komentar