Sukses

Diuji Coba, Terapi Kanker Paru

Ada harapan baru bagi pengidap kanker paru-paru. Para peneliti dari Oregon Health & Science University (OHSU) Cancer Institute menemukan formula

Sumber : Jawa Pos, September 2008 - PP-PDPI.

Ada harapan baru bagi pengidap kanker paru-paru. Para peneliti dari Oregon Health & Science University (OHSU) Cancer Institute menemukan formula tepat untuk radiasi dan imunoterapi. Riset itu baru diuji coba pada tikus. Harapannya, metode tersebut dapat diaplikasikan dalam menyembuhkan kanker paru-paru manusia.

Studi tersebut dipublikasikan Rabu (24/9), bertepatan dengan konferensi tahunan American Society for Therapeutic Radiology and Oncology ke-50 di Boston, Amerika Serikat.

Marka Crittenden MD PhD selaku ketua tim penelitian tersebut bersama koleganya mendesain studi itu untuk melihat efek dari stereotactic body radiation therapy (SBRT) pada sistem imun. Tipe radiasi tersebut dihantarkan dalam tiga dosis besar selama beberapa hari. Ketepatan teknologi itu tak mengganggu jaringan sehat. Targetnya pun lebih tepat sasaran, langsung pada sel kanker.

"Kami mempelajari konsekuensi radiasi SBRT pada tumor. Hasilnya, kami menemukan lebih sedikit sel yang sistem imunnya terganggu," ujar Crittenden dari OHSU Department of Radiation Medicine, OHSU School of Medicine.

Para peneliti tersebut kemudian memilih pola imunoterapi yang dapat memacu respons imun asli dari tubuh tikus saat bekerja dengan respons imun yang dipacu SBRT. Imunoterapi kanker itu memacu sistem imun tubuh untuk menyerang sel kanker.

    0 Komentar

    Belum ada komentar