Sukses

Hai Ibu, Waspada Anemia!

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mengimbau agar ibu melahirkan harus mewaspadai penyakit kekurangan darah (anemia)

Sumber : Kompas, 13 Oktober 2008 - PDPI Malang. 14/10/08.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mengimbau agar ibu melahirkan harus mewaspadai penyakit kekurangan darah (anemia).
     
"Mayoritas faktor penyebab kematian ibu melahirkan karena kekurangan darah akibat pendarahan," kata Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinkes Kabupaten Tangerang, Reniati, Senin.

Catatan Dinkes, faktor penyebab kematian ibu melahirkan di Kabupaten Tangerang, 42 persen akibat pendarahan, 25 persen disebabkan hipotermia dan sisanya akibat faktor lainnya.

Reniati mengatakan, penyakit anemia disebabkan faktor kekurangan darah akibat kekurangan asupan makanan yang bergizi sehingga berdampak terhadap kondisi yang tidak fit.

Bahkan kekurangan asupan makanan bergizi juga berpengaruh terhadap pola hidup yang tidak sehat dengan tanda seperti letih, lemah dan lesu.

Selain itu, Dinkes melakukan penelitian kandungan darah terhadap anak 1.000 anak sekolah dasar di Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu, hasilnya mengindikasikan sebanyak 45 persen siswa SD mengidap anemia.

Reniati menuturkan, siswa yang mengidap anemia atau kekurangan darah tidak akan memiliki semangat belajar yang tinggi karena sulit untuk berkonsentrasi.

"Akibatnya anemia secara tidak langsung berpengaruh terhadap nilai pelajaran dan prestasi siswa," kata Reniati.

Reniati menjelaskan, kebiasaan pola hidup sehat masyarakat di Kabupaten Tangerang tidak teratur seperti nilai kandungan makanan yang dikonsumsi kurang bergizi.

Sehingga dampak yang timbil semakin luas, misalnya kekurangan gizi atau gizi buruk, mudah letih, rentan terhadap serangan penyakit serta tidak bergairah melakukan aktifitas yang padat.   

    0 Komentar

    Belum ada komentar