Sukses

Jenis-Jenis Yoga yang Baik Bagi Tubuh

Tak hanya sekedar tren, yoga kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat sebagian besar masyarakat urban. Inilah jenis-jenis yoga dan manfaatnya bagi kesehatan.

Jejaring sosial Anda mungkin dipenuhi oleh foto teman-teman Anda yang tengah melakukan pose yoga. Tak heran, sebab yoga adalah salah satu olahraga yang sedang digemari oleh masyarakat urban.

Yoga adalah olahraga asal India yang sudah ada sejak 5000 tahun silam. Namun yoga tak hanya sekedar kemahiran dalam melakukan pose atau gerakan yang sulit saja. Ada banyak manfaat kesehatan di balik semua gerakan itu. Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwa latihan yoga yang dilakukan secara teratur –baik bagi penderita darah tinggi, penyakit jantung, maupun nyeri otot (termasuk nyeri punggung bawah)– dapat mengurangi tingkat stres dan depresi.

Apa saja jenis-jenis yoga?

Yoga di bagi menjadi beberapa jenis, yang biasanya berlangsung selama 45-90 menit. Berikut adalah beberapa jenis yoga:

1. Hatha

Hatha berarti melatih postur fisik atau postur tubuh. Hatha merupakan kelas yoga tingkat dasar. Gerakannya pun lebih sederhana dan terfokus untuk melatih pernapasan pada setiap pose. Karena temponya yang lembut, hatha yoga baik untuk Anda yang baru dalam hal ini.

2. Vinyasa

Berbeda dengan hatha, vinyasa yoga lebih bersifat dinamis. Vinyasa yoga menggabungkan gerakan yang dinamis dan latihan pernapasan. Yoga jenis ini cocok bagi Anda yang energetik dan terbiasa melakukan latihan aerobik atau kardio yang cepat.

3. Iyengar

Berbeda dengan vinyasa, setiap pose pada iyengar yoga dilakukan dalam durasi yang lebih lama. Iyengar yoga lebih terfokus pada detail dan ketepatan setiap gerakan. Alat bantu –seperti yoga block, tali atau dinding, dapat membantu para pemula.

4. Ashtanga

Anda mencari latihan yoga yang menantang? Coba ikuti kelas yoga ashtanga. Ashtanga yoga terdiri dari 6 seri pose, yang berurutan. Pada setiap sesi, Anda akan melakukan gerakan yang sama dan terstruktur.

5. Bikram

Bikram merupakan gerakan yoga yang dilakukan di dalam ruangan bersuhu 400C dengan kelembapan mencapai 40%. Bikram yoga terdiri dari 26 pose, serta latihan pernapasan. Jangan paksakan diri Anda jika tidak kuat.

6. Kundalini

Kundalini yoga akan membuat Anda melakukan latihan fisik berulang, dibarengi dengan latihan napas yang intens. Tujuannya adalah untuk melepaskan energi dalam diri dan meningkatkan tingkat kewaspadaan diri. Kundalini yoga juga meliputi latihan meditasi untuk meningkatkan sisi spiritual Anda.

7. Yin

Jika Anda menginginkan ketenangan serta keseimbangan tubuh dan pikiran, yin yoga merupakan pilihan tepat. Jika tergolong baru, Anda mungkin merasakan sedikit kesemutan atau tidak tahan berlama-lama berada dalam 1 pose.

8. Restorative

Gerakan serta pose yang dilakukan dalam restorative yoga lebih santai dan lambat, sehingga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk berelaksasi lebih dalam. Anda akan menggunakan alat bantu –seperti; selimut, guling dan yoga block– saat melakukan latihan ini. Restorative yoga sangat baik bagi Anda yang memiliki gangguan cemas atau susah tidur.

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar