Sukses

Olahraga pada Masa Kehamilan

Berolahraga di masa kehamilan penting untuk dilakukan secara rutin. Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga baik untuk melindungi kesehatan janin dan memperlancar proses persalinan.

Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu setiap pasangan yang mendambakan kehadiran anak. Segala cara dilakukan agar kehamilan senantiasa sehat dan lancar. Salah satu cara agar Anda senantiasa fit saat hamil adalah dengan berolahraga. Terbukti, berolahraga saat hamil dapat memberikan manfaat hingga proses persalinan.

Berolahraga rutin saat hamil dapat membantu mencegah nyeri pinggang, mengurangi kelelahan, mencegah diabetes saat hamil, memperbaiki postur, serta menjaga stamina selama kehamilan dan proses persalinan. Selain juga dapat membantu memperlancar proses persalinan dan membantu mengembalikan berat badan Anda ke bobot semula setelah persalinan.

Panduan Berolahraga

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga dalam kondisi hamil:

  • Jika kehamilan sehat dan tidak bermasalah, Anda boleh berolahraga –bahkan sangat dianjurkan. Namun pada beberapa kondisi seperti perdarahan, flek, plasenta letak rendah, abortus yang mengancam, riwayat kelahiran prematur, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai berolahraga.
  • Jika Anda memiliki riwayat medis seperti asma, penyakit jantung dan diabetes, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berolahraga. 
  • Jangan memforsir diri saat berolahraga. Sebagai panduan umum, saat berolahraga sebaiknya Anda tetap bisa berbicara. Jika napas tersengal-sengal sampai tidak bisa berbicara, berarti olahraga Anda sudah berlebihan.
  • Jika sebelum hamil Anda jarang berolahraga, sebaiknya mulailah dengan olahraga aerobik ringan seperti berenang, jalan, yoga, bersepeda, atau jogging.
  • Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga.
  • Hindari olahraga yang berat terutama saat cuaca sedang panas.
  • Minum air putih yang cukup.

Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai

Diperlukan kehati-hatian yang ekstra jika ingin berolahraga saat hamil. Karena itu, hindarilah olahraga-olahraga ini saat hamil:

  • Kegiatan menyelam sebaiknya tidak dilakukan. Ini dikarenakan bayi tidak memiliki perlindungan terhadap dekompresi dan emboli (akibat tekanan yang tinggi di bawah laut).
  • Olahraga yang melibatkan gerakan melompat atau berlari secara berlebihan.
  • Olahraga yang melibatkan kontak fisik dengan orang lain, seperti basket, voli, dan sepak bola.
  • Olahraga atau aktivitas yang rentan terjatuh, seperti menunggang kuda atau bermain selancar.

Dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur, kehamilan pun akan lebih mudah untuk dijalani, begitu pula dengan proses persalinan.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar