Sukses

Bolehkah Menyusui Jika Sedang Sakit?

Ketika ibu menyusui sakit, hal pertama yang dikhawatirkan pastinya adalah: Apakah saya masih bisa menyusui? Apakah bayi akan baik-baik saja jika saya minum obat? Baca jawaban dan penjelasan lengkapnya di sini.

Menyusui merupakan cara terbaik untuk memberikan nutrisi pada bayi Anda. Menyusui memiliki banyak manfaat yang luar biasa, apalagi ASI mengandung zat antibodi yang tidak dimiliki oleh susu formula manapun. Selain itu, menyusui dapat mempererat hubungan antara ibu dan bayi.

Namun demikian, terkadang secara tak terduga penyakit dapat datang ketika ibu masih dalam masa menyusui, baik penyakit ringan ataupun berat. Sebagian wanita berpikir bahwa menyusui saat sakit tidak diperbolehkan. Perlu diketahui bahwa sebagian besar penyakit biasa seperti batuk, pilek, atau diare tidak ditularkan melalui ASI. Pada kenyataannya, jika Anda sakit, ASI Anda akan mengandung antibodi di dalamnya. Antibodi ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit tersebut.

Ada beberapa jenis penyakit di mana ibu tidak disarankan untuk menyusui atau memerlukan perhatian khusus, sehingga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa penyakit tersebut adalah:

  • Terinfeksi HIV atau AIDS.
  • Sedang menderita penyakit TBC aktif.
  • Terinfeksi oleh virus yang menyerang sistem imun.
  • Sedang menjalani kemoterapi untuk penyakit kanker.
  • Sedang menjalani terapi radiasi.

Jika Anda mengalami penyakit tersebut, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan pilihan terbaik yang aman bagi bayi Anda.

Selanjutnya, bolehkah meminum obat selama menyusui? Walaupun hampir semua obat dapat masuk ke ASI dalam jumlah kecil, sebagian besar tidak memiliki efek pada bayi dan dapat digunakan selama menyusui. Obat-obatan yang tidak boleh digunakan selama menyusui sangat sedikit. Meski demikian, sebaiknya diskusikan kepada dokter mengenai obat-obatan yang biasa Anda gunakan, dan bertanyalah kepada dokter sebelum mulai meminum jenis obat baru –termasuk obat yang dijual bebas, vitamin, dan suplemen herbal. Dengan demikian dokter dapat mengkaji terlebih dahulu, apakah obat-obatan tersebut berbahaya dikonsumsi selama masa menyusui ataupun tidak.

Selama masa menyusui, jagalah kesehatan tubuh Anda agar penyakit tidak gampang menyerang. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi selama menyusui serta beristirahat dengan cukup. Jangan lupa, lakukan latihan fisik sesuai kemampuan Anda untuk menjaga kebugaran tubuh.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar