Sukses

Berapa Dosis Vitamin A untuk Anak?

Selain vitamin C, Anda juga tak boleh melupakan pentingnya vitamin A bagi tumbuh kembang anak.

Vitamin A sangat penting peranannya bagi tumbuh kembang anak. Vitamin ini berfungsi untuk perkembangan fungsi penglihatan, pertumbuhan, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Dosis Vitamin A untuk Anak

Frekuensi pemberian vitamin berbeda pada masing-masing kategori usia. Bayi berusia 6-11 bulan diberikan vitamin A yang berwarna biru dengan dosis 100.000 IU, sebanyak satu kali dalam satu tahun, setiap bulan Februari atau Agustus.

Sedangkan anak balita berusia 12-59 bulan diberikan vitamin A yang berwarna merah dengan dosis 200.000 IU. Anak harus mendapatkannya sebanyak dua kali dalam satu tahun, setiap bulan Februari dan Agustus. 

Waspada Kekurangan Vitamin A

Di Indonesia, masalah kekurangan vitamin A pada anak masih menjadi perhatian besar pemerintah. Kekurangan vitamin A disebut juga sebagai kelaparan tersembunyi (hidden hunger). Disebut kelaparan tersembunyi karena penderita tidak menyadari bahwa dirinya kekurangan zat gizi tersebut, hingga gejala-gejala akibat kekurangan itu muncul.

Berikut ini tanda dan gejala kekurangan vitamin A:

  • Terbentuknya bintik bitot pada sklera mata.
  • Daya tahan tubuh menurun.
  • Pengerasan kornea mata yang akan mengarah kepada xeroftalmia (kelainan pada mata dengan gejala kekeringan mata).
  • Kelainan kulit sepert kulit menjadi bersisik.

Dalam upaya mengurangi angka anak yang kekurangan vitamin A, pemerintah mencanangkan Bulan Pemberian Vitamin A selama dua kali dalam setahun. Program ini dikhususkan untuk anak berusia 6-59 bulan.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar