Sukses

eHealth untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Kehadiran eHealth diharapkan dapat membuat pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih baik dan terarah.

Dalam perkembangan industri di berbagai belahan dunia, pelayanan kesehatan merupakan industri dengan peringkat papan bawah dalam pemanfaatan teknologi informasi. Padahal, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal dan tepat guna, industri kesehatan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Berikut beberapa cara bagaimana teknologi informasi dapat mengubah industri kesehatan menjadi lebih baik:

  • Merekayasa ulang bagaimana pelayanan kesehatan diberikan

Berbagai perangkat dapat dikembangkan untuk memudahkan komunikasi antara pasien dengan penyedia layanan. Pasien juga dapat dibekali dengan perangkat untuk mendiagnosis awal diri sendiri sebelum memeriksakan diri ke tenaga kesehatan. Biaya dapat dihemat dengan screening awal mengenai pasien mana yang lebih membutuhkan dukungan.

  • Harm reduction dan pelayanan yang baik

Ketidaksinambungan pelayanan dapat diminimalkan dengan sistem informasi layanan kesehatan yang terintegrasi. Kolaborasi antar tenaga medis menjadi lebih efisien dan proses rujukan menjadi lebih mudah dan jelas. Pasien tidak perlu disibukkan dengan proses birokrasi yang menyulitkan dan memberatkan. Penjadwalan menjadi lebih transparan, dan kebutuhan kesehatan masyarakat dapat dipenuhi dengan tenaga yang ada.

  • Pembiayaan yang transparan

Baik itu asuransi maupun biaya pribadi, proses pembayaran dengan menggunakan teknologi digital akan memudahkan penyedia layanan dan pasien untuk sama-sama mengevaluasi proses tersebut.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar