Sukses

Kapan Waktu Terbaik Berolahraga, Pagi atau Malam?

Banyak orang bingung menentukan kapan waktu terbaik berolahraga. Bahkan tak sedikit yang akhirnya menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tak berolahraga.

Umumnya, kemalasan dalam berolahraga timbul sebagai akibat dari kegamangan kita dalam memilih waktu yang tepat untuk melakukannya. Banyak dari kita yang akhirnya enggan untuk berolahraga sebagai akibat dari adanya keraguan ini. Hal inilah yang kemudian memunculkan sebuah pertanyaan, Kapankah waktu yang tepat untuk berolahraga?

Dalam dunia medis, tidak ada penelitian yang dapat dengan pasti menentukan kapan waktu terbaik untuk berolahraga. Perbedaan dalam pemilihan waktu ini hanya berdampak pada konsekuensi yang muncul dari masing-masing pilihan waktu tersebut.

Olahraga pada pagi hari

Pagi hari adalah pilihan waktu yang tepat bagi Anda yang sulit untuk menjaga konsistensi dalam berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung dapat menjalani pola olahraganya tersebut secara rutin. Rutinitas olahraga ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi Anda yang mampu menjalaninya.

Selain itu, berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Olahraga pagi menjaga sirkulasi darah tetap lancar sepanjang hari, sehingga Anda dapat langsung beristirahat di malam hari tanpa terganggu dengan aktivitas lain. Tapi ingat, di pagi hari ‘setelan’ metabolisme tubuh serta otot cenderung masih lambat dan kaku. Jadi, tubuh membutuhkan tahapan pemanasan yang lebih lama dibandingkan dengan olahraga di waktu lainnya

Olahraga di malam hari

Olahraga di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sulit untuk bangun pagi. Namun, apabila Anda memilih waktu ini, konsistensi olahraga harus terus dijaga karena aktivitas sepanjang hari bisa menggeser atau bahkan menggagalkan jadwal olahraga Anda. Malam menjadi waktu yang lebih ideal dibanding pagi hari bagi kesiapan ‘setelan’ dan otot tubuh Anda. Tubuh sudah menjalani pemanasan sepanjang hari sehingga Anda hanya tinggal melanjutkannya dengan berolahraga.

Kendati demikian, berolahraga di malam hari juga memiliki sisi negatif. Pada saat berolahraga, kerja seluruh sistem tubuh akan meningkat. Akibatnya tubuh perlu waktu lebih lama untuk kembali rileks sebelum Anda beranjak tidur. Inilah yang membuat beberapa orang yang melakukan olahraga di malam hari cenderung merasa tidur malamnya terganggu.

Setelah membaca informasi di atas, tentu tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk malas berolahraga –baik di siang ataupun malam hari. Terlepas dari pemilihan waktu tersebut, hal yang terpenting dalam olahraga adalah konsistensi. Tetap jaga keteraturan jadwal olahraga Anda agar tubuh mampu cepat beradaptasi dan tujuan Anda mendapatkan badan sehat serta ideal dapat segera tercapai. Selamat mencoba!

(BO/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar