Sukses

Ini Dia Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Saat diet, banyak orang yang terobsesi dengan makanan rendah lemak atau tanpa lemak. Anda salah satunya?

Banyak sekali orang yang terobsesi dengan makanan rendah lemak atau tanpa lemak, terutama saat sedang melakukan program penurunan berat badan. Apakah Anda salah satunya?

Setiap manusia membutuhkan asupan lemak untuk menjamin kesejahteraan fisik dan emosinya. Namun bukan lemak jahat (Low Density Lipoprotein), melainkan lemak baik (High Density Lipoprotein). Lemak baik penting untuk membantu mengontrol mood, mengatasi kelelahan, bahkan dapat membantu mengontrol berat badan. Di samping itu, lemak baik juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol serta gula darah.

Lemak yang tergolong dalam kategori lemak baik adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Bila ingin menambahkan lemak baik dalam menu makanan Anda, berikut beberapa pilihannya:

  • Ikan

Ikan salmon, sarden, tuna, dan mackerel merupakan sumber asam lemak tak jenuh ganda omega-3 yang berperan menjaga kesehatan jantung dan otak. American Heart Association menyarankan dua porsi ikan berlemak dalam seminggu. Cobalah untuk memasaknya dengan cara dipanggang/kukus untuk menjaga kandungan lemak baik di dalamnya.

  • Alpukat

Alpukat termasuk jenis makanan yang mengenyangkan, namun memiliki kalori yang cukup rendah. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 115-160 kalori. Alpukat matang dapat dikonsumsi langsung, dijadikan jus, dan lain sebagainya. Alpukat bermanfaat untuk menjaga berat badan, mengurangi gejala osteoartritis dan menjaga kesehatan jantung.

  • Biji-bijian

Biji-bijian –seperti; biji bunga matahari, biji wijen dan flaxseed– merupakan sumber makanan yang mengandung lemak baik jenis tak jenuh ganda. Biji bunga matahari mengandung asam lemak omega-6 yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung, biji wijen mengandung omega-3 dan omega-6. Sedangkan flaxseed merupakan sumber omega-3 yang dapat membantu mengatasi peradangan, dan serat yang baik untuk proses pencernaan.

  • Kacang-kacangan

Kacang tanah, almond, macadamia, pecan dan kacang mede merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dari tumbuhan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Meskipun demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan. Hanya sekitar 1 ons kacang saja sudah cukup.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menggoreng, memanggang maupun dressing salad. Untuk menjaga kadar lemak baik di dalam minyak zaitun, sebaiknya jangan memasak dengan suhu yang terlalu tinggi.

  • Sayuran

Bayam, kale, brussel sprout, dan peterseli merupakan sumber asam lemak omega-3. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi sayuran setiap harinya.

  • Telur

Selain berprotein tinggi, telur juga merupakan sumber lemak baik. Bahkan saat ini, terdapat beberapa jenis telur yang sudah ditambahkan kandungan omega-3 di dalamnya.

  • Kacang kedelai

Salah satu yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia adalah susu kacang kedelai. Kacang kedelai baik untuk kesehatan, karena mengandung omega-3 yang merupakan sumber lemak baik bagi tubuh.

Makanan dengan kandungan lemak baik sangat mudah ditemukan, bukan? Yuk, pilih asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh Anda dengan lebih bijak.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar