Sukses

Awas! Virus Zika Tak Menular Lewat Nyamuk Saja

Banyak yang sudah tahu bahwa virus zika ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Namun tahukah Anda bahwa virus ini juga dapat ditularkan dari manusia ke manusia?

Virus Zika yang telah menyebar hingga ke Singapura menyebabkan masyarakat mulai ‘ketar-ketir’ akan munculnya infeksi virus ini di Indonesia. Banyak yang sudah mengetahui bahwa virus zika ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Namun tahukah Anda bahwa virus juga dapat ditularkan melalui manusia yang satu ke manusia lainnya?

Penularan Virus Zika

Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah mempublikasikan bahwa virus Zika ditemukan pada cairan tubuh manusia –yakni pada air mani, cairan  vagina, air seni, dan darah. Di antara semua cairan tersebut, virus Zika bertahan paling lama pada air mani. Oleh karena itu, hubungan seksual –baik dengan cara oral, anal, vaginal, maupun menggunakan sex toys– dapat menjadi sarana penularan virus ini.

Hal lain yang menjadi masalah dalam penularan virus ini adalah bahwa sebagian besar kasus infeksi virus Zika justru tidak bergejala, atau hanya menunjukkan gejala ringan –seperti; demam ringan atau nyeri sendi. Dengan kata lain, seseorang yang merasa sehat bisa saja menularkan virus Zika pada pasangan seksualnya tanpa disadari.

Agar Tidak Tertular Virus Zika

Untuk mencegah penularan infeksi virus Zika, sebaiknya hindari dulu bepergian ke daerah dengan kasus infeksi virus Zika yang tinggi –seperti negara-negara di Benua Amerika, dan Singapura. Bila tidak memungkinkan, orang-orang yang baru pulang dari daerah tersebut dianjurkan untuk tidak berhubungan seksual terlebih dahulu, atau menggunakan kondom saat berhubungan seksual setidaknya selama 8 minggu. Tindakan pencegahan ini sebaiknya dilakukan, apalagi pada pasangan usia produktif yang sedang merencanakan kehamilan atau pada pasangan yang wanitanya sedang hamil, karena virus Zika sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan.

Menanggapi hal ini, Anda dan pasangan sebaiknya lebih meningkatkan kewaspadaan. Karena, seperti yang telah di jelaskan, virus zika dapat menular dari manusia ke manusia melalui hubungan seksual.

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar