Sukses

Aspek Keamanan Pasien dalam Era eHealth

Keberhasilan dunia digital dalam mengubah layanan konvensional dunia kesehatan seharusnya disertai adanya perlindungan keamanan pasien.

Di tengah maraknya implementasi eHealth di berbagai dimensi dunia kesehatan saat ini, keamanan pasien sebagai sasaran pengguna utama praktik kesehatan jenis ini mutlak harus dilindungi. Teknologi yang canggih tidak seharusnya mengesampingkan aspek keamanan dan kenyamanan dalam mengakses layanan. Ini hendaknya menjadi perhatian utama para penyedia jasa kesehatan.

Namun, dalam pelaksanaannya, eHealth berpotensi untuk menghadapi sejumlah hambatan yang dapat mengganggu fungsinya sebagai sebuah bentuk alternatif praktik pelayanan kesehatan. Berikut akan diidentifikasikan beberapa kendala yang mungkin muncul dalam eHealth serta cara-cara menyikapinya.

Beberapa kendala yang dapat ditemui dalam penerapan eHealth adalah sebagai berikut:

  • Kegagalan sistem dalam memberi alert pada pasien
  • Software yang gagal mengidentifikasi pasien
  • Kesalahan pemetaan obat
  • Kesalahan algoritma saat screening faktor resiko pasien
  • Kegagalan migrasi data saat peralihan sistem satu ke sistem lainnya
  • Resep ganda saat melakukan peresepan online

Dalam penerapan teknologi informasi, gangguan tentu akan ditemukan di segala sektor industri, tidak terkecuali kesehatan. Namun, dalam sektor kesehatan, gangguan pada aspek keamanan pasien menjadi begitu penting karena berhubungan dengan kesejahteraan bahkan kelangsungan hidup manusia.

Untuk menyikapi aspek keamanan pasien dalam penerapan eHealth, perhatian para praktisi kesehatan hendaknya difokuskan pada tiga prinsip utama di bawah ini:

  • Membangun kesadaran pasien dan memberikan edukasi

Penyedia layanan sudah seharusnya membangun sebuah kultur eHealth dalam masyarakat. Sosialisasi mengenai eHealth dan edukasi pemanfaatan eHealth yang aman dalam pelayanan kesehatan harus diberikan sebelum masyarakat bisa mangakses eHealth dengan maksimal. Penyedia layanan juga harus berkomitmen dengan pakar informatika kesehatan untuk membangun lingkungan eHealth yang aman.

  • Selalu berpegang pada standar dan pedoman eHealth

Pengembangan layanan eHealth hendaknya mengacu pada standar dan guideline yang telah ada, atau merujuk kepadabest practice yang telah diterapkan oleh pengembang/praktisi lain yang sudah berhasil menerapkan eHealth.

  • Pemantauan dan evaluasi

Semua kendala yang munculdi dalam penerapan eHealth hendaknya diidentifikasi, dicatat dan kemudian dilaporkan dengan baik. Proses identifikasi semacam ini berguna untuk merumuskan sejumlah solusi demi perbaikan layanan ke depannya.

Melalui pemaparan di atas, tentunya keamanan pasien di dalam penerapan eHealth tidak hanya bergantung kepada si penyedia jasa dan layanan saja. Pasien, sebagai pengguna, juga hendaknya bijak dalam memilih dan memilah layanan eHealth yang kian menjamur saat ini. Digitalisasi dunia kesehatan memang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan akses layanan kesehatan. Namun kita juga seharusnya tidak melupakan aspek keamanan dan keselamatan dari para pemakai dan pengguna layanan ini.

(BO/RH)

Baca juga

0 Komentar

Belum ada komentar