Sukses

Lebih Dekat dengan Pasien Melalui eHealth

Melalui perangkat eHealth, kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang praktis dan efisien akan terjawab. Begitu juga dengan kualitas komunikasi antara dokter-pasien.

Revolusi digital telah sampai pada dunia kesehatan. Perkembangan teknologi telah banyak memengaruhi bagaimana dokter dengan pasien berinteraksi, dan belum akan berhenti sampai di sini. Bagaimana peran eHealth dalam mengimprovisasi komunikasi antara dokter-pasien?

Seorang pakar teknologi informasi kesehatan, David Blumenthal, mengidentifikasi bagaimana perangkat eHealth dapat meningkatkan kualitas komunikasi antara dokter-pasien. Enam cara tersebut dapat disederhanakan sebagai berikut:

  1. Teknologi informasi kesehatan dan software-nya akan menjadi wadah semua informasi yang dibutuhkan dokter tentang pasiennya. Blumenthal mengatakan “Komputer akan menjadi sekrusial stetoskop bagi dokter”.
  2. Informasi pasien akan dapat diakses oleh semua penyedia layanan, kapan saja dan di mana saja. Akses ini terbatas hanya kepada tenaga medis yang berkepentingan.
  3. Hampir seluruh interaksi dokter dengan pasien akan dimediasi oleh sebuah sistem kerja elektronik, mulai dari sebelum, selama interaksi, dan setelah selesai. Alur ini berlaku baik bagi interaksi tatap muka maupun jarak jauh. Lebih jauh, sistem ini dapat berfungsi sebagai triage untuk menentukan kebutuhan pasien agar layanan yang diberikan sesuai.
  4. Jika pasien bersedia, mereka dapat berpartisipasi penuh selama proses pelayanan kesehatannya. Pasien dapat diberikan akses kepada seluruh data medis dan kondisinya selama perawatan.
  5. Kultur lama tentang interaksi dokter dan pasien akan berubah total. Dokter akan lebih berperan sebagai pembimbing dan konselor pasien dalam menghadapi informasi yang masif dan menentukan terapi yang bersifat personal, sementara teknis pengobatan dan perawatannya sendiri akan dijalankan oleh sistem.
  6. Teknologi informasi kesehatan juga akan membuat perubahan besar dalam pola komunikasi antar penyedia layanan. Digitalisasi ini akan memudahkan kerja sama antar penyedia layanan, bahkan penyedia layanan antarnegara. Industri kesehatan dapat menjadi sebuah organisasi virtual yang besar dengan bantuan eHealth.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar