Sukses

5 Penyakit Mengerikan Akibat Rokok

Bagi sebagian orang, merokok memberi kenikmatan tersendiri. Tapi tahukah Anda bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit mengerikan di kemudian hari?

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Pernah mendengarnya? Tapi pada rokok, pepatah tersebut berubah menjadi ‘Nikmat dahulu, sakit kemudian’. Tak heran, sebab dalam rokok terkandung lebih dari 7.000 bahan kimia. Sebanyak 69 di antaranya diketahui menyebabkan kanker. Apa saja penyakit mengerikan yang dapat diakibatkan oleh rokok?

Kanker Paru

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa merokok adalah faktor risiko nomor satu penyebab kanker paru, yakni sebesar 87%. Selama ini kanker paru diketahui sebagai kanker ganas yang mudah luput dari perhatian, dan baru menimbulkan gejala setelah mencapai stadium lanjut. Tidak banyak orang yang dapat bertahan lama menghadapi jenis kanker ini. Data statistik mencatat hanya 1 dari 5 orang yang dapat bertahan hidup setelah 5 tahun mengidap kanker paru ini.

PPOK

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan penyakit langganan para perokok. Gejala yang disebabkan oleh PPOK antara lain batuk berdahak, sesak napas, dan mengi. Gejala tersebut akan memberat seiring dengan berjalannya waktu, apalagi jika penderita terus merokok. Sebagai akibatnya, penderita PPOK akan mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas, cepat lelah, mudah mengalami sesak napas ketika melakukan aktivitas ringan, hingga akhirnya mengalami kematian dini.

Penyakit Jantung

Racun dan radikal bebas yang terdapat dalam rokok akan merusak pembuluh darah arteri, dan berkontribusi dalam menyebabkan sumbatan. Apabila pembuluh darah jantung tersumbat, organ ini akan mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi. Akibatnya mtimbul gejala nyeri dada ketika penderita sedang beraktivitas lebih berat dari biasanya. Jika pembuluh arteri yang tersumbat terdapat di jantung, perokok akan menderita penyakit jantung koroner –atau serangan jantung jika sumbatan tersebut total.

Stroke

Apabila sumbatan pembuluh darah tersebut terjadi pada otak, maka perokok akan terkena stroke sumbatan. Sebagai akibatnya, jaringan otak yang mendapat suplai darah dari pembuluh darah yang tersumbat akan mati. Stroke sendiri merupakan penyebab kecacatan nomor satu, yang menyebabkan penderitanya kesulitan melakukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Bahkan terkadang memerlukan bantuan orang lain untuk merawatnya. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan, kesulitan berbicara, serta gangguan fungsi kognitif dan memori.

Gangguan Reproduksi

Merokok dapat menurunkan kesuburan pada wanita, sehingga akan lebih susah untuk memiliki anak. Selain itu, merokok saat hamil dapat menyebabkan kehamilan ektopik (janin berkembang di luar rahim), kelainan bawaan pada janin, kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah, atau bayi meninggal dalam kandungan.

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja penyakit mengerikan akibat rokok. Masih ingin bersahabat dengan rokok?

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar