Sukses

Bahaya Merokok Saat Hamil

Selain asap polusi kendaraan, satu lagi asap yang perlu dihindari selama kehamilan adalah asap rokok.

Mengejutkan! Sebuah jurnal medis yang menggabungkan hasil dari 43 penelitian membuktikan, merokok atau sering menghirup asap rokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bawaan pada bayi. Penyakit jantung bawaan merupakan salah satu masalah serius pada bayi. Jika tak ditangani dengan cepat dan tepat, hal ini dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak hingga gagal jantung dan kematian dini.

Beberapa penyebab penyakit jantung bawaan antara lain adalah faktor genetik, alkohol, obat-obatan tertentu, dan infeksi virus tertentu. Selain itu, penyebab lain yang sering tidak disadari adalah merokok atau menghirup asap rokok.

Jadi Apa yang Dapat Dilakukan?  

Anda mungkin jarang menemui ibu hamil perokok di lingkungan sekitar. Tapi Anda pasti melihat tak sedikit suami yang merokok di rumah sementara sang istri sedang hamil. Ekspos asap rokok di tempat-tempat umum –seperti pasar, terminal, dan angkutan umum– juga tanpa disadari dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin.

Karena itu, saat hamil jaga jarak sejauh mungkin dengan asap rokok. Pastikan suami atau anggota keluarga lainnya berhenti merokok atau tidak merokok di sekitar Anda. Gunakan masker jika bepergian ke tempat-tempat umum untuk memproteksi diri Anda dan calon buah hati. Saatnya memulai hidup yang lebih sehat untuk generasi penerus yang lebih gemilang.

(RS/RH)

Baca juga:?

0 Komentar

Belum ada komentar