Sukses

Atasi Cedera Saat Olahraga dengan Cara Ini

Olahraga dan cedera adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Jangan khawatir, lakukan ini jika Anda mengalami cedera saat olahraga.

Jika ingin memiliki tubuh sehat sepanjang hayat, Anda harus berolahraga secara rutin dan teratur. Namun demikian, olahraga bukanlah kegiatan yang tidak memiliki risiko. Masalahnya tak sedikit orang yang mengalami cedera saat olahraga dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Tak heran banyak orang yang enggan untuk kembali berolahraga karena takut cedera. Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama pada cedera saat olahraga. Anda hanya perlu melakukan RICE, yang terdiri dari:

  • Rest

Istirahatkan daerah yang mengalami cedera. Hentikan segala aktivitas yang dapat menimbulkan nyeri atau memperburuk bagian tubuh yang mengalami cedera.

  • Ice

Dinginkan bagian tubuh yang cedera. Caranya: Letakkan es batu atau kantung berisi air dingin pada bagian tubuh yang cedera dengan segera untuk meminimalkan pembengkakan. Kompres selama 10-20 menit, minimal 3 kali sehari. Jika bengkak menghilang dalam 48-72 jam, ganti kompres dingin tersebut dengan kompres hangat. Ingatlah untuk melapisi kulit Anda dengan handuk. Hindari meletakkan es batu atau benda panas secara langsung ke permukaan kulit.

  • Compression 

Lapisi daerah yang cedera dengan perban elastis (elastic bandage). Ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan. Jika Anda mengalami gejala kesemutan, baal, nyeri yang meningkat, dingin dan bengkak di daerah bawah bagian yang diperban, artinya perban elastis yang dipasang terlalu kencang sehingga harus dilonggarkan .

  • Elevation

Jika Anda cedera di kaki, angkat kaki tersebut hingga setingkat lebih tinggi dari jantung. Ini akan meminimalkan bengkak yang terjadi.

Kebanyakan cedera rigan akan sembuh dalam 6-8 minggu. Jika nyeri sangat hebat, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri –seperti parasetamol. Apabila rasa nyeri akibat cedera saat olahraga belum hilang juga, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar