Sukses

Kekurangan Vitamin A Bisa Sebabkan Kebutaan

Apa itu kekurangan vitamin A? Lalu apa yang terjadi pada tubuh jika seseorang kekurangan vitamin A?

Kekurangan vitamin A masih menjadi masalah besar di Indonesia. Saat ini pemerintah masih terus berjuang agar angka anak yang menderita kekurangan vitamin A tidak bertambah. Defisiensi atau kekurangan vitamin A adalah suatu kondisi di mana simpanan vitamin A di dalam tubuh berkurang. Hal ini bisa diketahui dengan memeriksa kadar vitamin A di dalam darah, yakni apabila kurang dari 20 mikro/dl.

Kekurangan vitamin A dapat dibagi menjadi dua:

  • Defisiensi primer: Akibat kurangnya asupan vitamin A.
  • Defisiensi sekunder: Akibat penyerapan dan penggunaannya dalam tubuh yang terhambat. Contohnya pada penderita kekurangan gizi.

Apa saja fungsi vitamin A yang berkaitan dengan mata?

Vitamin A merupakan salah satu asupan nutrisi untuk kesehatan mata. Kurangnya asupan vitamin A tambahan dari luar dapat meningkatkan risiko hilangnya fungsi penglihatan.

Selain itu, vitamin A berfungsi dalam penglihatan normal pada cahaya remang. Kecepatan mata untuk beradaptasi dari tempat yang terang ke tempat yang gelap ditentukan oleh rhodopsin, yaitu suatu pigmen penglihatan yang proses pembentukannya di dalam mata dipengaruhi oleh vitamin A. Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin A, rhodopsin tidak terbentuk dan bisa berisiko terkena rabun senja.

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin A?

Karena vitamin A merupakan zat esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh (dan tidak cukup terpenuhi dari makanan sehari-hari), maka kebutuhan vitamin ini harus dipenuhi dari luar.

Kekurangan vitamin A dalam makanan sehari-hari dapat meningkatkan risiko penyakit rabun senja dan xeropthalmia (kelainan pada mata berupa terjadinya kekeringan pada bagian putih mata).

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar