HomeInfo SehatPencernaanJangan Disepelekan, Ini Bahaya Turun Berok dan Cara Mengatasinya
Pencernaan

Jangan Disepelekan, Ini Bahaya Turun Berok dan Cara Mengatasinya

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 12 Mei 2022

Jangan sepelekan turun berok. Kondisi tersebut bisa menjadi masalah serius. Kenali apa itu turun berok atau hernia, bahaya, dan cara mengobatinya di sini.

Jangan Disepelekan, Ini Bahaya Turun Berok dan Cara Mengatasinya

Hernia atau turun berok adalah kondisi ketika usus/jaringan lemak masuk ke dinding perut bagian bawah dan membuat tonjolan, baik di daerah selangkangan, pangkal paha, maupun buah zakar pria. 

Hernia tidak boleh dibiarkan saja apalagi dianggap sepele karena berbahaya dan dapat mencetuskan sejumlah komplikasi.

Apa saja bahaya turun berok? Kita simak penjelasannya di bawah ini.

Bahaya Turun Berok

Hernia dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pertambahan usia, sering mengangkat benda berat, pernah operasi perut, batuk kronis, sembelit, dan berat badan berlebihan. 

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko turun berok.

Misalnya, lahir prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah, Riwayat hernia dalam keluarga, ada peningkatan tekanan di dinding perut karena kehamilan, dan pernah operasi terkait perbaikan hernia.

Artikel lainnya: Disfungsi Seksual Muncul Setelah Operasi Hernia, Benarkah?

Adapun gejala usus turun beragam tergantung dengan jenisnya. Hernia inguinalis, misalnya, dapat menyebabkan benjolan di area selangkangan (bisa menghilang saat berbaring); nyeri pada pangkal paha saat berolahraga, batuk, ataupun mengangkat benda berat; serta nyeri dan bengkak di kantong skrotum (buah zakar).

Adapun hernia femoralis dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, hingga nyeri di area selangkangan saat berdiri, angkat barang berat, berolahraga, atau batuk.

Jenis hernia lainnya, yaitu hernia umbilikalis, dapat menyebabkan gejala benjolan kemerahan atau juga keunguan di area pusar; perut terasa penuh, berbentuk bulat, dan nyeri ketika ditekan; demam, sembelit, dan muntah.

Lantas, apa bahaya turun berok yang perlu diwaspadai? Hernia dapat sangat berbahaya jika tidak tertangani dengan benar.

Organ dalam yang terjebak di dalam hernia dapat mengalami penyumbatan aliran darahnya sehingga dapat terjadi kematian jaringan.

Kematian jaringan ini amat berbahaya karena dapat menyebabkan organ tubuh tidak dapat digunakan dan menyebabkan infeksi yang meluas.

Cara Mengobati Turun Berok

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hernia adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup seperti mengatur pola makan dan olahraga yang benar dapat membantu mengurangi gejala hernia.

Hindari makanan berat, hindari berbaring ataupun membungkuk usai makan, serta menjaga bobot tubuh pada kisaran yang sehat.

Beberapa olahraga yang benar dapat membantu mengurangi atau menurunkan berat badan Anda sehingga dapat mengatasi gejala hernia. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

2. Obat

Beberapa obat dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala yang menyertai hernia seperti obat untuk mengurangi asam lambung.

Obat jenis antasida, penghambat reseptor H2, dan penghambat pompa proton dapat digunakan.

Artikel lainnya: Komplikasi Pernapasan dan Paru Akibat Hernia Diafragmatika

3. Operasi

Tindakan operasi mungkin diperlukan untuk mengatasi hernia yang dapat menyebabkan komplikasi. Dokter akan memperbaiki hernia dengan menjahit lubang di dinding perut yang terjadi karena lemahnya jaringan ikat.

Operasi dapat dilakukan dengan metode operasi terbuka atau laparoskopi. Bedah laparoskopi dilakukan dengan menggunakan beberapa sayatan kecil untuk memasukan kamera kecil dan peralatan bedah untuk memperbaiki hernia.

Pembedahan laparoskopi akan lebih tidak merusak jaringan di sekitar operasi. 

Sementara itu, operasi terbuka dilakukan dengan cara tradisional dengan membuka bagian yang memerlukan operasi. Operasi terbuka membutuhkan proses pemulihan yang lebih lama. 

Mencegah Turun Berok

Bagaimana caranya agar turun berok tidak kambuh setelah menjalani operasi? Atau bahkan, mencegah turun berok pada Anda yang belum pernah mengalaminya? 

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda tempuh:

  • Hindari mengangkat beban yang terlampau berat.
  • Jaga agar berat badan tetap ideal. Bila Anda mengalami kegemukan atau obesitas, turunkan berat badan dengan pola makan sehat dan olahraga rutin.
  • Jauhi kebiasaan merokok.
  • Konsumsi makanan sehat, utamakan yang tinggi serat.

Jadi, hernia tidak dapat dianggap remeh karena dapat berbahaya. Oleh karena itu, hindarilah berbagai penyebab yang sudah disebutkan di atas dan segera berkonsultasi kepada dokter jika terdapat gejala-gejala hernia.

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar apa itu turun berok dengan dokter, manfaatkan fitur Live Chat Dokter

(HNS/JKT)

Artikel Terkait

Lihat Semua
6 Makanan Penyebab Diare yang Perlu Dihindari

6 Makanan Penyebab Diare yang Perlu Dihindari

Pencernaan27 Jul 2022

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat menjadi penyebab diare dan sebaiknya dihindari. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Diare

Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Diare

Pencernaan26 Jul 2022

Diare tak hanya bisa disembuhkan menggunakan obat kimia, tetapi juga bisa diatasi dengan obat alami. Apa saja bahan alami yang bisa membantu mengatasi diare?

Obat Mual dan Muntah untuk Orang Dewasa di Apotek 

Obat Mual dan Muntah untuk Orang Dewasa di Apotek 

Pencernaan23 Jul 2022

Keluhan mual dan muntah bisa diatasi dengan mengonsumsi obat. Kita ulas 5 obat mual dan muntah yang perlu kamu tahu.  

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert