Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatMata10 Fakta Tentang Katarak yang Harus Anda Tahu
Mata

10 Fakta Tentang Katarak yang Harus Anda Tahu

Redaksi KlikDokter, 28 Sep 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Fakta-fakta ini penting diketahui untuk pencegahan dan penanganan katarak sejak dini.

10 Fakta Tentang Katarak yang Harus Anda Tahu

Katarak adalah salah satu gangguan penglihatan yang paling umum, serta merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Menurut Prevent Blindness America (PBA), katarak terjadi pada 22 juta orang Amerika dan lebih dari 30 juta orang Amerika menderita katarak pada tahun 2020.

Berikut ini beberapa fakta penting seputar katarak yang bisa kamu ketahui:

1. Faktor Usia Tidak Memengaruhi Munculnya Katarak

Meskipun faktanya kebanyakan orang yang terkena katarak adalah orang tua, sebenarnya siapa saja juga bisa terserang katarak.Orang yang paling berisiko terserang katarak adalah mereka yang pernah menjalani operasi mata, mengidap glaukoma, dan yang matanya sering terpapar cahaya matahari tanpa menggunakan kacamata atau lensa pelindung. Selain itu, ada juga kasus katarak kongenital, yaitu kekeruhan pada lensa mata bayi yang baru lahir. Hal ini bisa dipengaruhi kurangnya nutrisi saat kehamilan.

2. Operasi adalah satu-satunya Jalan

Satu-satunya cara untuk menyembuhkan katarak adalah melalui operasi. Menggunakan kacamata gelap atau mengurangi cahaya dapat membawa sedikit perbaikan pada tahap awal katarak, tetapi cara ini sepertinya tidak akan berlangsung lama.

3. Katarak memiliki tiga jenis

Terdapat tiga jenis katarak, yakni sklerotik nuklir, kortikal, dan posterior subkapsular. Sklerotik nuklir adalah jenis katarak yang paling umum. Disebut nuklir karena kondisi mata yang terserang katarak adalah inti atau pusat lensa.

4. Katarak dapat terjadi hanya pada satu mata

Katarak dapat menyerang hanya pada salah satu mata. Hal ini bisa terjadi saat Anda mengalami trauma pada salah satu mata. Karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami insiden pada salah satu mata.

5. Diabetes meningkatkan risiko katarak

Penderita diabetes lebih cenderung terkena katarak, terutama katarak kortikal. Ini dapat terjadi akibat peningkatan kadar sorbitol sehingga membentuk penumpukan dalam lensa.

6. Katarak penyebab kebutaan seluruh dunia

Menurut World Health Organization (WHO), katarak adalah penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Statistik menunjukkan bahwa hampir 50% kasus kebutaan di seluruh dunia disebabkan oleh katarak. Namun, penting untuk dicatat bahwa katarak dapat diobati dan pencegahan dini dapat membantu mencegah kebutaan yang disebabkan oleh katarak.

7. Gejala awal katarak bisa jadi sulit dikenali

Pada tahap awal, katarak mungkin tidak menimbulkan gejala yang terlalu jelas. Beberapa gejala awal yang mungkin muncul termasuk penglihatan yang kabur atau buram, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, penglihatan ganda, atau perubahan dalam persepsi warna. Gejala ini dapat berkembang perlahan dan sering kali diabaikan atau dianggap sebagai tanda penuaan alami.

8. Pencegahan dini dapat mencegah risiko katarak

Meskipun beberapa faktor risiko katarak, seperti usia dan riwayat keluarga, tidak dapat dihindari, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena katarak. Melindungi mata dari sinar UV dengan menggunakan kacamata hitam, berhenti merokok, menjaga kontrol diabetes, dan menjalani gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi risiko katarak.

9. Katarak tidak menyebabkan nyeri

Salah satu fakta penting tentang katarak adalah bahwa kondisi ini tidak menyebabkan nyeri pada mata. Ini berbeda dari beberapa masalah mata lainnya yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

10. Katarak bisa mengganggu kualitas hidup seksual

Katarak dapat memengaruhi kualitas hidup seksual karena gangguan penglihatan yang dapat memengaruhi hubungan antara pasangan. Pengobatan katarak dapat membantu memulihkan penglihatan dan kualitas hidup seksual yang lebih baik.

Itulah beberapa fakta seputar katarak. Mulai sekarang, kamu perlu berhati-hati menjaga kebersihan mata saat berada di tempat yang berangin dan berdebu. Jika diperlukan, segera konsultasikan ke dokter mata di KlikDokter, ya!

[RS/ RVS]

Kesehatan MataMataKatarak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter