HomeInfo SehatKulitCara Mengatasi Milia, Bentol yang Mirip Jerawat
Kulit

Cara Mengatasi Milia, Bentol yang Mirip Jerawat

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 08 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Milia, atau bentol yang mirip jerawat, dapat sangat mengganggu penampilanmu. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Milia, Bentol yang Mirip Jerawat

Banyak orang mengira setiap bintik di wajah sudah pasti adalah jerawat. Padahal, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kondisi yang lain, salah satunya milia. Apa itu ‘jerawat’ milia?

Milia atau kista milium merupakan bintik putih yang muncul di daerah hidung, mata, dahi, kelopak mata, pipi dan dada. 

Penyebab milia pada bayi masih belum diketahui dengan jelas. Berbeda dengan jerawat pada bayi (acne neonatorum), milia pada bayi tidak memicu peradangan atau bengkak. 

Sementara pada anak-anak dan orang dewasa, milia umumnya berhubungan dengan proses penuaan, luka bakar, kerusakan akibat sinar matahari, penggunaan krim steroid jangka panjang, atau muncul pasca dermabrasi atau laser. 

Pada bayi, tidak ada penanganan milia yang khusus karena akan membaik dalam beberapa minggu. Sedangkan pada anak-anak dan orang dewasa, milia akan menghilang dalam beberapa bulan tanpa pengobatan tertentu.

Namun, jika bintik ini menimbulkan ketidaknyamanan, ada berbagai cara mengatasi milia yang dapat dilakukan, seperti:

1. Krioterapi 

Terapi ini menggunakan nitrogen cair untuk membekukan milia. Ini merupakan cara yang paling umum untuk menghilangkan milia. 

2. Insisi (Deroofing)

Pada teknik ini, isi kista milia akan dikeluarkan menggunakan jarum steril sampai bersih.

Artikel Lainnya: Penyebab Kulit Bayi Bentol dan Bernanah (Cenang)

3. Krim Retinoid

Bisakah Krim Kulit Atasi Dermatitis Atopik? (rido/123rf)

Retinoid merupakan bahan yang dapat membantu eksfoliasi atau mengelupas sel-sel kulit mati. Dengan demikian, diharapkan milia dapat menghilang. 

4. Peeling Kimia (Chemical Peels)

Melalui teknik ini, lapisan teratas dari kulit akan berganti dengan lapisan sel kulit baru, sehingga milia akan dapat menghilang. 

5. Laser

Untuk mengatasi milia, cara lainnya bisa dengan laser. Teknik laser ini akan berfokus pada satu area kista.

6. Diatermi

Prosedur ini menggunakan suhu yang panas untuk menghilangkan milia. Harus digarisbawahi kalau kamu harus berhati-hati dalam menggunakan metode ini. 

7. Kuretase

Kuretase termasuk dalam tindakan pembedahan kulit untuk mengeluarkan dan menghilangkan milia.

8. Bahan-Bahan Alami

Lemon (Krasula/Shutterstock)

Penggunaan bahan-bahan alami bisa menjadi cara untuk menghilangkan milia. Sebut saja lemon, madu, gula pasir, air mawar, kentang, dan masih banyak lagi. 

Artikel Lainnya: Ampuhkah Hilangkan Jerawat dengan Es Batu?

9. Pakai Sunscreen

Gunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV), serta mengurangi iritasi wajah yang menyebabkan milia. Pastikan SPF sunscreen sekitar 30 atau lebih tinggi. 

10. Jangan Memencet dengan Tangan 

Apabila milia tampak mengganggu, jangan pernah menggaruk atau memencetnya karena dapat memicu pendarahan dan luka lecet. Infeksi juga bisa saja terjadi.  

11. Cuci Muka dengan Baik 

Cara ini tak kalah penting untuk mengatasi milia. Karena itu, pastikan kamu mencuci muka dengan perlahan dan gunakan sabun yang halus. Jangan terlalu sering menggunakan scrub. 

12. Lakukan Penguapan

Setelah mencuci wajah, melakukan penguapan dengan air hangat dapat bermanfaat untuk membersihkan kotoran. Caranya adalah dengan berdiri di pancuran air hangat. Kemudian duduk sampai kira-kira 5-8 menit. 

Uapnya akan membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di dalamnya. Setelah itu lap sampai kering dan bilas dengan air hangat kembali. 

Jadi, bintik putih di wajah belum tentu disebabkan oleh jerawat. Bisa jadi keluhan tersebut merupakan milia. 

Jika kamu mengalaminya dan merasa terganggu atau kurang percaya diri, bisa melakukan cara di atas untuk mengatasi milia. 

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan membantumu menganalisis penyebab milia dan melakukan tindakan yang sesuai untuk menghilangkannya. 

Apabila kamu punya pertanyaan seputar topik ini atau masalah kesehatan lain, klik fitur Tanya Dokter untuk berkonsultasi secara online kepada dokter. Jangan lupa download aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

[RS]

Perawatan Wajah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter