HomeInfo SehatKesehatan UmumSunat di Usia Dewasa Amankah untuk Kesehatan?
Kesehatan Umum

Sunat di Usia Dewasa Amankah untuk Kesehatan?

dr. Karin Wiradarma, 07 Agu 2017

Sunat umumnya dilakukan sejak kecil. Lalu, apakah sunat di usia dewasa aman untuk kesehatan?

Sunat di Usia Dewasa Amankah untuk Kesehatan?

Sunat merupakan tindakan membuang kulup (kulit preputium) yang menutupi kepala penis yang bermanfaat bagi kesehatan. Umumnya sunat dilakukan saat usia 3-7 tahun, namun tak jarang dilakukan saat usia dewasa.

Sunat pada anak memang sudah biasa dilakukan dan terbukti aman. Namun, ada kalanya pada beberapa keadaan tertentu, sunat baru dilakukan pada seorang pria dewasa.

Artikel Lainnya :  Sunat Ulang Akibat Potongan Kurang Presisi, Apa Maksudnya?

Tidak dapat dimungkiri, semakin cepat disunat, maka waktu pelaksanaan dan penyembuhannya juga lebih cepat. Pada bayi baru lahir, sunat dapat dilakukan hanya dalam waktu 5-10 menit saja.

Namun pada seorang pria dewasa, prosedur sunat dapat memakan waktu maksimal hingga 1 jam. Proses penyembuhan luka setelah tindakan tersebut rata-rata memakan waktu lima hingga tujuh hari.

Jika Anda atau anggota keluarga harus melakukan prosedur sunat pada usia dewasa, tak perlu khawatir. Berbagai penelitian dan fakta di lapangan telah menunjukkan bahwa sunat pada usia dewasa tetap aman untuk dilakukan.

Selain aman, sunat juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yakni menurunkan risiko infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian, rata-rata pria yang disunat memiliki ketahanan ejakulasi yang lebih lama ketimbang pria yang tidak disunat.

[DA/ RVS]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Kesehatan Umum16 Agu 2022

Sering terbangun saat dini hari sering dikaitkan dengan kejadian mistis. Padahal, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkannya. Apa saja? Simak di sini.

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Infeksi cacing tidak hanya bisa terjadi di dalam saluran pencernaan, tapi juga di mata. Kenali fakta infeksi cacing mata agar Anda lebih waspada.

Tak Cuma Dokter Spesialis, Kenali Juga Profesi Perawat Anestesi

Tak Cuma Dokter Spesialis, Kenali Juga Profesi Perawat Anestesi

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Tak cuma dokter, spesialisasi anestesi ternyata bisa dimiliki seorang perawat. Lantas, apa saja yang dilakukan oleh profesi itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert