HomeInfo SehatKesehatan UmumRuam, Bentol, dan Benjol: Apa Bedanya?
Kesehatan Umum

Ruam, Bentol, dan Benjol: Apa Bedanya?

dr. Kartika Mayasari, 17 Des 2016

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sering salah mendefinisikan ketiga keluhan kulit tersebut? Yuk, ketahui perbedaannya di sini.

Ruam, Bentol, dan Benjol: Apa Bedanya?

Terdapat beberapa keluhan kulit yang sering terjadi, seperti ruam, bentol, dan benjol. Ketiga keluhan kulit ini, jika tidak langsung diamati oleh dokter, memang akan sedikit membingungkan.

Bagi sebagian besar orang, semua bentukan yang menonjol disebut dengan istilah benjol. Bahkan meskipun bentuk yang menonjol itu hanya sebesar biji kacang hijau. Padahal sebenarnya tak selalu seperti itu.

Dalam istilah kedokteran, ruam disebut dengan istilah macula. Ruam biasanya tidak disertai dengan adanya penonjolan.

Ruam hanya berupa perubahan warna pada kulit yang penyebabnya bermacam-macam. Ruam juga mempunyai warna yang bermacam-macam, tetapi biasanya berwarna merah.

Berikutnya adalah bentol. Pada bentol, terjadi tonjolan pada kulit. Contohnya adalah bekas gigitan nyamuk. Tonjolan pada kulit dengan diameter tidak lebih dari 2 cm, bisa disebut bentol.

Terakhir, keluhan kulit yang sering terjadi adalah benjol. Benjol adalah penonjolan pada kulit dengan ukuran yang besar. Benjol bisa berisi darah, nanah dengan dinding tipis, ataupun lemak.

Dari uraian di atas, semoga Anda bisa dengan mudah mendeskripsikan keluhan kulit yang sedang Anda alami. Namun memang, keluhan penyakit kulit akan susah didiagnosis tanpa memegang dan menyaksikan langsung kelainan kulit tersebut.

Cari tahu informasi kesehatan tepercaya lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung ke dokter dengan menggunakan fitur Live Chat.

[RS/RH]         

Ruampenyakit kulitBentol

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter