HomeInfo SehatKesehatan UmumObat Kumur atau Mouthwash Bisa Bikin Lari Lebih Cepat?
Kesehatan Umum

Obat Kumur atau Mouthwash Bisa Bikin Lari Lebih Cepat?

Gerardus Septian Kalis, 08 Sep 2017

Obat kumur atau mouthwash dipercaya mampu membantu Anda lari lebih cepat. Bagaimana penjelasannya?

Obat Kumur atau Mouthwash Bisa Bikin Lari Lebih Cepat?

Semua orang tahu bahwa mouthwash atau obat kumur berguna untuk menaklukkan bau dan kuman di mulut. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan fakta bahwa obat kumur juga mampu membuat Anda lari lebih cepat.

Guna utama mouthwash

Untuk diketahui, kegunaan utama obat kumur atau mouthwash, memang tidak bisa menggantikan fungsi menyikat gigi. Namun, menurut American Dental Association (ADA), obat kumur dapat digunakan untuk membersihkan daerah yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

Obat kumur atau mouthwash tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia enam tahun. Refleks menelan pada anak-anak dapat menyebabkan kejadian buruk seperti mual atau keracunan akibat menelan obat kumur.

Secara umum, ada dua jenis obat kumur, yaitu kosmetik dan terapeutik. Obat kumur kosmetik untuk sementara bisa mengendalikan bau mulut dan meninggalkan rasa yang menyegarkan. Sementara obat kumur terapeutik memiliki bahan aktif untuk mengendalikan atau mengurangi radang gusi, plak, dan kerusakan gigi.

Obat kumur lebih baik digunakan setelah Anda menyikat gigi. Namun, perlu diingat bahwa obat kumur sebaiknya dipakai sebagai pelengkap untuk membersihkan gigi dan mulut. Jika digunakan secara berlebihan, obat kumur berpotensi mengganggu flora normal di dalam mulut.

Lari kencang berkat obat kumur

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Georgia mengungkapkan, pelari maraton yang menggunakan obat kumur mengalami peningkatan lari sebesar 5 persen.

Jamie Cooper, seorang profesor makanan dan gizi di University of Georgia seperti dikutip dari situs Livestrong, mengakui ini sebagai hal yang mengejutkan, karena peningkatan kecepatan lari yang cukup drastis.

Menurutnya, mouthwash lebih banyak menghadirkan energi dan sensasi segar di dalam mulut, daripada rasa yang manis. Rasa manis mungkin memiliki efek kecil karena manusia memang memiliki beberapa respons yang berbeda-beda.

Energi dan sensasi segar di dalam mulut inilah yang kemudian melahirkan mood dan semangat bagi pelari. Alhasil kondisi ini bisa menimbulkan motivasi untuk berlari lebih kencang.

Selain itu, sebuah tinjauan sistematis pada tahun 2013 tentang hubungan antara obat kumur dan tingkat kecepatan lari menemukan korelasi yang sama, yaitu terjadi peningkatan kinerja yang signifikan.

Melihat manfaat obat kumur atau mouthwash bagi kesehatan gigi dan mulut, siapa sangka ternyata obat kumur juga bisa membuat Anda lari lebih cepat. Jadi Anda bisa berlari lebih cepat sambil merasakan sensasi segar mouthwash.

[BA/ RVS]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Kesehatan Umum16 Agu 2022

Sering terbangun saat dini hari sering dikaitkan dengan kejadian mistis. Padahal, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkannya. Apa saja? Simak di sini.

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Infeksi cacing tidak hanya bisa terjadi di dalam saluran pencernaan, tapi juga di mata. Kenali fakta infeksi cacing mata agar Anda lebih waspada.

Tak Cuma Dokter Spesialis, Kenali Juga Profesi Perawat Anestesi

Tak Cuma Dokter Spesialis, Kenali Juga Profesi Perawat Anestesi

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Tak cuma dokter, spesialisasi anestesi ternyata bisa dimiliki seorang perawat. Lantas, apa saja yang dilakukan oleh profesi itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert