HomeInfo SehatKesehatan UmumMengungkap Bahaya Kesehatan di Balik Miras Oplosan
Kesehatan Umum

Mengungkap Bahaya Kesehatan di Balik Miras Oplosan

dr. M. Dejandra Rasnaya, 22 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minuman keras alias miras oplosan banyak menelan korban. Sebenarnya, apa bahaya yang ada di balik minuman ini?

Mengungkap Bahaya Kesehatan di Balik Miras Oplosan

Minuman keras (miras) oplosan marak dijual di Indonesia. Tidak sedikit yang menimbulkan masalah kesehatan, bahkan sampai merenggut nyawa. 

Bahaya miras oplosan memang serius dan dapat berujung kematian. Karena, miras oplosan kerap mengandung metanol, yaitu jenis alkohol yang lebih membahayakan dan bersifat racun bagi tubuh, apalagi jika dioplos dengan senyawa lain. 

Apa saja bahayanya miras oplosan? Simak di bawah ini pemaparannya:

1. Keracunan 

Keracunan alkohol adalah kondisi yang paling sering terjadi akibat konsumsi miras oplosan. Keadaan ini dapat mengganggu kerja sistem pernapasan, denyut jantung, suhu tubuh, dan saraf.

Jika bahaya dari miras oplosan ini tidak segera diatasi, orang yang mengalaminya berisiko tinggi mengalami kematian.

Artikel lainnya: Ketahui Kadar Alkohol di dalam Berbagai Jenis Minuman Keras

2. Gangguan Asam Basa Darah

Miras oplosan dapat menyebabkan gangguan asam basa darah. Dalam dunia medis, gangguan ini dikenal dengan sebutan asidosis metabolik.

Gangguan asam basa darah turut memengaruhi mekanisme pengaturan keseimbangan sistem respirasi dan fungsi ginjal, gangguan pada sistem kardiovaskular, serta gangguan fungsi sistem saraf pusat.

3. Gangguan Pernapasan

Orang yang minum miras oplosan dapat mengalami gangguan pernapasan. Ia akan mengeluhkan napas melambat dan tersengal-sengal. 

Pada tahap yang lebih lanjut, orang tersebut dapat mengalami henti napas dan henti jantung. Kondisi darurat ini bisa berujung kematian.

4. Gangguan Penglihatan

Miras oplosan mengandung senyawa metanol. Senyawa tersebut memiliki efek racun pada saraf mata. 

Orang yang kerap mengonsumsi miras dan oplosan berisiko tinggi mengalami gangguan mata, seolah-olah pandangannya dihalangi tirai hitam. Gangguan ini sangat sulit diobati, bahkan bisa bersifat permanen.

5. Pankreatitis

Pankreatitis akut adalah peradangan yang terjadi di dalam pankreas. Salah satu penyebab pankreatitis akut adalah konsumsi minuman yang mengandung alkohol, termasuk miras oplosan.

Orang yang mengalami pankreatitis akut akan mengalami keluhan nyeri hebat di bagian perut atas. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, penyakit akan berkembang dan berisiko menimbulkan komplikasi kerusakan jaringan pankreas permanen.

Artikel lainnya: Alasan Usia Di Bawah 21 Tahun Tidak Boleh Minum Alkohol

6. Hepatitis

Kandungan alkohol pada miras oplosan dapat merusak sel-sel hati secara permanen. Keadaan ini dapat memicu terjadinya hepatitis.

Hepatitis dapat menyebabkan berbagai gangguan pada fungsi tubuh, terutama yang berhubungan dengan sistem metabolisme.

7. Sirosis Hati

Sirosis hati adalah jaringan parut yang terbentuk pada organ hati akibat kerusakan jangka panjang. Salah satu penyebab sirosis hati adalah konsumsi alkohol, termasuk miras oplosan.

Sirosis hati yang tidak segera diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ hati. Ujung-ujungnya, penderita akan mengalami gagal hati hingga kematian.

#JagaSehatmu dan jauhi miras oplosan ataupun konsumsi alkohol berlebihan. Bahaya miras oplosan di atas sangat merugikan kesehatan dan mengancam nyawa. 

Kalau kamu mengalami keluhan kesehatan akibat minuman beralkohol, segera tanya dokter di aplikasi KlikDokter yang lebih cepat dan mudah.

(FR/JKT)

Miras OplosanMinuman Kerasminuman beralkohol

Konsultasi Dokter Terkait