Kesehatan Umum

Lengkap, Ini Kisaran Biaya Medical Check Up (MCU) Standar Pemerintah

Siti Putri Nurmayani, 05 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kisaran harga Medical Check Up bisa berbeda setiap paket pemeriksaan. Yuk, cek di sini untuk tahu rata-rata besaran biaya MCU.

Lengkap, Ini Kisaran Biaya Medical Check Up (MCU) Standar Pemerintah

Medical check up (MCU) merupakan pemeriksaan tubuh yang dilakukan secara menyeluruh. Beberapa orang mungkin enggan untuk melakukan MCU karena khawatir akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. 

Padahal, kamu bisa memilih jenis pemeriksaan yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sesuai dengan anjuran dokter. Jika ingin melakukan pemeriksaan lengkap, kamu bisa memilih paket yang lengkap. 

Lantas, berapa harga medical checkup yang harus disiapkan? Bisakah biaya medical check up ditanggung BPJS? Mari ketahui selengkapnya lewat ulasan berikut ini. 

Biaya Medical Check Up (MCU) Sesuai Standar Pemerintah

Sesungguhnya, biaya MCU di rumah sakit akan berbeda-beda, tergantung rumah sakit atau laboratorium yang dipilih. Selain itu, harga MCU juga akan menyesuaikan dengan tujuan dilakukannya pemeriksaan. 

Biasanya, prosedur MCU akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari masing-masing orang. Misalnya, MCU pranikah yang memerlukan pemeriksaan penyakit menular seksual atau pemeriksaan TORCH. 

Sebagai acuan, kamu bisa melihat biaya medical check up standar pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014:

  • Medical Check Up standar: Rp757.000
  • Medical Check Up executive wanita: Rp1.926.000
  • Medical Check Up executive pria: Rp1.664.000
  • Medical Check Up pegawai: Rp262.0000
  • Medical Check Up Tenaga Kerja Indonesia: Rp711.000
  • Medical Check Up 100% dasar: Rp349.000
  • Medical Check Up 100% lengkap: Rp471.000
  • Medical Check Up pranikah: Rp328.000/orang
  • Medical Check Up pranikah (dengan pemeriksaan TORCH wanita): Rp2.019.000
  • Medical Check Up pranikah (dengan pemeriksaan sperma pria): Rp414.000
  • Medical Check Up tes jantung: Rp946.000
  • Medical Check Up umroh: mulai dari Rp277.000
  • Medical Check Up haji: mulai dari Rp1.057.000

Penting untuk diingat, biaya medical check up akan berbeda-beda pada setiap fasilitas kesehatan.

Harga Medical Check Up (MCU) di Puskesmas

Selain mengunjungi rumah sakit, kamu juga bisa melakukan MCU di puskesmas. Biaya medical check up di puskesmas berkisar antara Rp30.000 hingga Rp.250.000. Ini tergantung dengan jenis pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan. 

Biasanya, ini juga akan bergantung dengan ketersediaan alat di setiap puskesmas. Oleh karenanya, biaya dan fasilitas MCU akan berbeda-beda pada setiap daerah. 

Mengingat medical check up penting untuk dilakukan, maka kamu bisa segera mengunjungi puskesmas terdekat untuk memastikan biaya yang dibutuhkan.

Bila kamu ingin melakukan pemeriksaan dan skrining kesehatan secara gratis, kamu bisa coba berbagai health tools dari KlikDokter.

Misalnya, untuk mengecek kesehatan jantung, kamu dapat menggunakan health tools Cek Risiko Penyakit Jantung. Kamu juga bisa coba fitur cek risiko kanker dan cek risiko diabetes di aplikasi KlikDokter!

 Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Jenis Tes Kesehatan untuk Calon Atlet

Apakah Bayar Medical Check Up (MCU) Bisa Pakai BPJS?

Sistem BPJS dapat menanggung pengobatan penyakit tertentu, tapi ayangnya, hingga saat ini MCU belum bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Menurut Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, medical check up bukan sebagai penanganan risiko penyakit. 

“MCU tidak masuk ke dalam risiko (penyakit) yang dijamin. Kita (BPJS) itu menjamin risiko sakit,” tuturnya. 

Apabila hasil pemeriksaan MCU menunjukkan adanya masalah kesehatan, kamu bisa mengunjungi pada fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang ditanggung BPJS. 

Jika dibutuhkan tindakan lebih lanjut, nantinya fasilitas kesehatan tingkat pertama akan membuatkan surat rujukan untuk dibawa saat pengobatan ke rumah sakit.

Artikel Lainnya: Sebelum Menikah, Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilakukan

Cara Mudah Pesan Tes Medical Check Up (MCU)

MCU sangat bermanfaat untuk mendeteksi risiko penyakit secara dini. Oleh karenanya, Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk melakukan medical check up secara rutin, misalnya setiap satu tahun sekali.

Agar lebih mudah, kamu bisa buat janji MCU secara online di berbagai kota lewat layanan KlikDokter. Jangan lupa, tetap #JagaSehatmu dengan melakukan medical check up setiap tahun atau sesuai dengan kebutuhan. 

Yuk, unduh juga aplikasi KlikDokter. Kamu bisa langsung Tanya Dokter seputar medical check up secara praktis!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait