HomeInfo SehatKesehatan UmumApakah Makan Pedas Bisa Menghilangkan Pusing?
Kesehatan Umum

Apakah Makan Pedas Bisa Menghilangkan Pusing?

Dian Afrillia, 24 Jan 2023

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pusing dan sakit kepala dipercaya bisa diatasi dengan makanan pedas. Apakah makanan pedas bisa menghilangkan sakit kepala? Ini faktanya.

Apakah Makan Pedas Bisa Menghilangkan Pusing?

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi. Ketika mengalaminya, kamu mungkin merasakan sensasi kepala berdenyut serta leher yang kaku. 

Karena tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas, orang biasanya mencari cara menghilangkan sakit kepala. Selain minum obat antinyeri, ada juga yang memilih untuk makan makanan pedas, misalnya bakso kuah atau rujak buah dengan cabai melimpah. 

Meski terasa nikmat, apakah makan pedas bisa menghilangkan pusing? 

Makan Pedas Hilangkan Pusing dan Sakit Kepala 

Makanan pedas memang menggugah selera. Namun, apakah kamu mengetahui dari mana rasa pedas berasal? 

Rasa pedas dari cabai sebenarnya dipicu oleh rangsangan zat kapsaisin pada reseptor panas yang terdapat pada lidah dan rongga mulut. Itulah mengapa rasa pedas pada cabai dapat menimbulkan sensasi terbakar di mulut. 

Rangsangan panas ini kemudian diteruskan melalui serabut-serabut saraf dari lidah dan rongga mulut ke otak. Sebagai respons, otak mengeluarkan zat kimia seperti adrenalin dan endorfin.

Lantas, apakah makanan pedas bisa menghilangkan sakit kepala dan bagaimana caranya? 

Telah dijelaskan bahwa rasa pedas menyebabkan otak menghasilkan adrenalin dan endorfin.

Adrenalin merupakan zat yang dihasilkan tubuh dalam keadaan waspada. Adrenalin dapat menyebabkan kerja jantung bertambah cepat dan membuat pembuluh darah melebar. Dampaknya adalah mengurangi rasa kantuk.

Selain itu, kamu juga dapat mengeluarkan keringat yang banyak saat makan pedas. Hal ini juga sama seperti saat kamu berolahraga. Karena itulah, banyak orang yang merasa lebih segar setelah menyantap makanan pedas, seperti setelah melakukan olahraga.

Tak hanya adrenalin, mengonsumsi cabai juga dapat memicu pengeluaran endorfin. Endorfin merupakan zat kimia alami dalam tubuh yang dapat memicu rasa senang. 

Di samping itu, endorfin juga dapat bermanfaat sebagai antinyeri. Itulah sebabnya sebagian orang merasa makan pedas bisa menghilangkan pusing.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala pada Siang Hari, Apa Penyebabnya?

Makan Pedas Bukan “Obat” Sakit Kepala

Walaupun bermanfaat dalam mengurangi sakit kepala, tetaplah mengontrol diri dalam mengonsumsi makanan pedas. Jangan pula menjadikan makanan pedas sebagai “obat” setiap mengalami sakit kepala. 

“Jika dikonsumsi berlebihan, makanan pedas bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan saluran pencernaan yang membuat perut terasa seperti terbakar, sakit perut, diare, dan refluks asam lambung,” kata dr. Devia Irine Putri. 

Makanan pedas yang dikonsumsi berlebihan juga bisa mengiritasi lambung, menimbulkan gejala maag, bahkan menimbulkan komplikasi, seperti perdarahan lambung yang dapat mengancam nyawa.

Bila ini terjadi, kamu bahkan membutuhkan pengobatan yang tidak singkat. Itulah sebabnya, mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak atau sering tidak baik bagi kesehatan.

“Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit kepala, misalnya cukup istirahat, mengonsumsi obat antinyeri seperti ibuprofen atau paracetamol, minum cukup air putih, kompres hangat, dan pijatan lembut,” kata dokter Devia.

Selain makanan pedas, banyak alternatif lain untuk mengatasi sakit kepala, antara lain berolahraga ringan, relaksasi, pijat dan refleksi kepala, mandi air hangat, atau bermeditasi. Hal-hal tersebut juga dapat merangsang pengeluaran endorfin tubuh sehingga dapat meringankan sakit kepala.

Jika mengalami sakit kepala berat, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan pengobatan yang lebih efektif untuk mengatasi nyeri kepala hebat yang kamu alami.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala Sebelah Kanan, Biasanya Gejala Apa?

Dari paparan di atas, sekarang kamu tahu bahwa makanan pedas memang bermanfaat mengurangi sakit kepala. Akan tetapi, makanan pedas tidak boleh dikonsumsi terlalu sering karena dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan lain. 

#JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan bergizi, cukup minum air putih, rutin berolahraga, dan pastinya cukup istirahat agar tubuh selalu bugar. 

Untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai sakit kepala, pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter!

(NM)

cabeAdrenalinMakanan PedasendorfinSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter