HomeInfo SehatKesehatan Umum7 Cara Menghindari Rokok
Kesehatan Umum

7 Cara Menghindari Rokok

dr. Dewi Ema Anindia, 06 Nov 2014

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebuah studi terakhir menemukan bahwa pria dengan usia 65 tahun atau lebih yang biasa merokok 3,2 bungkus rokok setiap harinya dan memustuskan untuk berhenti

7 Cara Menghindari Rokok

KLIKDOKTER.com - Sebuah studi terakhir menemukan bahwa pria dengan usia 65 tahun atau lebih yang biasa merokok 3,2 bungkus rokok setiap harinya dan memustuskan untuk berhenti, maka risiko untuk terkena serangan jantung dapat berkurang. Penyataan ini dapat menjadi suatu motivasi bagi para perokok di Indonesia. Namun saat Anda ingin berhenti merokok dan merasakan suatu keinginan untuk menyalakan rokok lagi, cobalah beberapa cara yang ditulis dibawah ini :

  1. Kunyahlah Wortel Mengkonsumsi camilan dapat menghancurkan keinginan untuk merokok. Namun pastikan cemilan yang Anda konsumsi sehat dan mengandung kalori yang rendah seperti sayur dan buah-buahan, untuk hal ini cobalah wortel.

  2. Alihkan pikiran Anda Temukan teman yang dapat mendukung keputusan Anda untuk berhenti merokok, atau perbanyak acara sosial dimana Anda dapat berbicara dengan banyak orang sehingga dapat menghilangkan keinginan Anda untuk merokok.

Berikut cara menghindari rokok lainnya:

Tips Menghindari Rokok Lainnya

2. 'Jepret'-kan diri Anda saat ada keinginan untuk merokok Tindakan ini merupakan tindakan ‘cinta yang menyakitkan’. Pakailah karet pada tangan Anda dan ‘jepret’ diri Anda setiap kali ada keinginan untuk merokok. Saat Anda sembuh dari nyeri sesaat itu, ingat semua alasan Anda untuk berhenti merokok pada awalnya.

3. Keluarkan Keringat Berolahraga dapat menjadi pengalihan untuk keadaan depresi, banyak makan, serta membantu melawan keinginan untuk merokok. Untuk beberapa orang keadaan stres menimbulkan keinginan untuk merokok dan olahraga memiliki efek untuk menenangkan diri. Walaupun hanya dengan berjalan kaki sekaipun, tubuh akan mengeluarkan kadar endorphin yang membuat tubuh lebih tenang. Saat Anda merasa dan terlihat lebih baik maka dengan otomatis keinginan untuk merokok Anda akan hilang.

4. Mandi Selain dapat mengalihkan pikiran untuk merokok, mandi dapat menimbulkan perasaan yang tenang.

5. Nyalakan pewangi atau lilin penenang Ingin menyalakan sesuatu? Nyalakan saja lilin penenang dibandingkan menyalakan rokok.

6. Nyalakan Musik Nyalakan musik yang dapat menenangkan diri Anda ataupun musik yang dapat membuat Anda berdansa, rayakan hidup Anda tanpa rokok.

gemukRokokBerhenti

Konsultasi Dokter Terkait