HomeInfo SehatKesehatan Umum6 Penyebab Tubuh Anda Terasa Lelah Sepanjang Waktu
Kesehatan Umum

6 Penyebab Tubuh Anda Terasa Lelah Sepanjang Waktu

Gerardus Septian Kalis, 02 Nov 2017

Sering merasa lelah sepanjang waktu meski sudah cukup istirahat? Ini penyebabnya.

6 Penyebab Tubuh Anda Terasa Lelah Sepanjang Waktu

Pernahkah Anda merasakan tubuh lelah saat terbangun dari tidur? Jika iya, maka hal ini adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap sepele. Banyak orang menganggap hal ini terjadi karena Anda bekerja lebih keras dari biasanya. Nyatanya, kelelahan seperti ini adalah penyebab dari beberapa penyakit serius.

Dikutip dari healthguidance, berikut ini adalah beberapa penyebab kelelahan kronis yang mungkin Anda alami.

  • Intoleransi makanan

Sedikit berbeda dengan alergi makanan, intoleransi makanan cenderung menyebabkan kelesuan dan rasa mual yang muncul secara bertahap dan seringkali tidak terdiagnosis.

Jika Anda sedang berjuang dengan kelelahan kronis seperti ini, mungkin yang perlu Anda lakukan adalah membatasi asupan roti dan produk susu untuk melihat apakah ada perubahan energi yang Anda alami.

  • Depresi

Kelelahan dan kurangnya antusiasme adalah dua gejala yang paling umum yang terkait dengan depresi. Kondisi depresi dapat muncul secara tiba-tiba tanpa disadari.Jika Anda memiliki pikiran putus asa, segera temui terapis untuk mengatasi penyebab masalah ini.

  • Diabetes

Diabetes disebabkan oleh kurangnya insulin dalam tubuh. Glukosa ekstra yang tidak terpakai dalam darah juga dapat menyebabkan kelelahan. Oleh sebab itu jika Anda menderita diabetes, maka gejala yang akan timbul adalah buang air kecil yang berlebihan, sering kesemutan, dan penglihatan kabur.

Diabetes bisa berbahaya jika tidak segera diobati. Maka dari itu, temui dokter segera untuk mendapatkan suntikan insulin yang tepat.

  • Hipoglikemia

Biasanya penderita hipoglikemia tidak memiliki cukup glukosa dalam darahnya, sehingga bisa menyebabkan kepenatan dan mudah lelah.

  • Anemia

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah. Akibatnya energi pun menurun karena oksigen tidak terangkut dengan mudah oleh sel darah merah. Jika Anda mengalami kelebihan rasa lelah akibat anemia, kondisi ini dapat dikenali dari warna kulit yang lebih pucat daripada biasanya.

  • Sirkulasi darah

Hati-hati jika Anda memiliki masalah dengan sirkulasi darah yang berhubungan dengan jantung, arteri atau tekanan darah. Kondisi ini bisa membuat Anda cepat lelah dan mudah kehabisan napas, karena tubuh tidak dapat mengantarkan glukosa dan oksigen ke tempat yang dibutuhkan.

Cara termudah untuk mengatasi kondisi tubuh mudah lelah adalah dengan istirahat yang cukup. Cari suasana yang bisa membuat Anda rileks dan nyaman dan jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan. Aturlah pola makan dengan gizi seimbang. Selain itu,  berkumpul bersama keluarga bisa menyegarkan tubuh dan pikiran.

[NP/ RVS]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Kesehatan Umum16 Agu 2022

Sering terbangun saat dini hari sering dikaitkan dengan kejadian mistis. Padahal, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkannya. Apa saja? Simak di sini.

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Infeksi cacing tidak hanya bisa terjadi di dalam saluran pencernaan, tapi juga di mata. Kenali fakta infeksi cacing mata agar Anda lebih waspada.

Tak Cuma Dokter Spesialis, Kenali Juga Profesi Perawat Anestesi

Tak Cuma Dokter Spesialis, Kenali Juga Profesi Perawat Anestesi

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Tak cuma dokter, spesialisasi anestesi ternyata bisa dimiliki seorang perawat. Lantas, apa saja yang dilakukan oleh profesi itu? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert