HomeInfo SehatKesehatan Umum5 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari
Kesehatan Umum

5 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 16 Mei 2018

Menjaga kebersihan setiap benda di rumah dapat membantu Anda sekeluarga terhindar dari berbagai penyakit.

5 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Menjaga kebersihan seluruh benda yang ada di rumah merupakan sebuah kewajiban. Sebab, kegiatan positif ini turut berperan dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit infeksi.

Ya, lingkungan rumah adalah tempat yang pertama kali perlu diperhatikan kebersihannya. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan kegiatan positif itu, diantaranya:

  • Mencegah penyakit akibat infeksi kuman atau bakteri berbahaya.
  • Mencegah munculnya berbagai reaksi alergi.
  • Mengurangi tingkat stres, serta mengobati rasa lelah setelah seharian bekerja.

Agar bisa merasakan manfaat di atas, Anda dapat memulainya dengan membersihkan lima benda ini setiap hari:

1. Meja dapur

Benda ini sangat penting untuk selalu berada dalam kondisi bersih. Sebab, di sinilah tempat makanan yang Anda santap diolah dan disiapkan. Anda tak ingin makanan yang masuk ke dalam tubuh justru mendatangkan penyakit akibat kontaminasi kuman atau bakteri, bukan?

2. Toilet

Setiap hari, toilet digunakan berkali-kali, oleh semua anggota keluarga. Di tempat ini pula, kuman yang menempel dari tubuh bisa berpindah dan membentuk sarang. Jadi, agar tak menyebabkan terjadinya penyakit, pastikan toilet di rumah Anda selalu berada dalam keadaanbersih.

3. Telepon

Telepon rumah atau telepon genggam menjadi benda yang sering disentuh oleh tangan. Setiap Anda menyentuh layar atau bagian dari telepon, minyak yang menempel dari jari dapat menjadi tempat bagi kuman atau bakteri untuk berkembang biak.

Agar mikroorganisme berbahaya tersebut tak menyebabkan terjadinya penyakit, perhatikan kebersihan telepon Anda secara berkala, ya!

4. Lantai

Saat ada kotoran di lantai yang terlihat oleh mata, langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah segera membersihkannya. Makanan yang jatuh, bulu binatang yang berserakan atau tanah yang terbawa oleh sepatu sebaiknya segera disapu atau dipel sebelum menjadi tempat bersarangnya kuman atau bakteri penyebab penyakit.

5. Dinding

Dindingdapat menjadi tempat bersarangnya bakteri E.coli dan Staphylococcus aureus. Kedua bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi, salah satunya diare.

Nah, agar Anda dan anggota keluarga lain tak terserang penyakit akibat bakteri tersebut, perhatikanlah kebersihan dinding rumah dengan saksama. Jangan lupa, gunakan cat tembok yang dibuat menggunakan teknologi Silver-Ion, agarkuman atau bakteri berbahaya tidakbersarangdanberkembangbiakdi dinding rumah Anda.

Untuk memudahkan pekerjaan membersihkan benda-benda di atas, terdapat beberapa kiat yang dapat Anda praktikkan,seperti:

  • Letakkan produk-produk pembersih di satu lokasi yang mudah dijangkau dan dibawa dari satu ruangan ke ruangan lain.
  • Jangan menunda pekerjaan. Semakin lama dibiarkan kotor, semakin sulit pula untuk membersihkannya. Hal ini juga turut memberi kesempatan bagi kuman atau bakteri berbahaya untuk berkembangbiak di benda tersebut.

Jangan biarkan kuman atau bakteri berbahaya bersarang di rumah Anda. Selalu perhatikan kebersihan setiap benda, khususnya dinding rumah Karena merupakanbagianterluas di rumah Anda. Anda tak ingin berbagi tempat tinggal dengan kuman atau bakteri penyebab penyakit, bukan? Ingat selalu bahwa dinding sehat adalah awal dari keluarga yang sehat!

(NB/ RH)

Artikel Terkait

Lihat Semua
Penyebab Nyeri Lutut Setelah Jongkok atau Duduk Bersila

Penyebab Nyeri Lutut Setelah Jongkok atau Duduk Bersila

Kesehatan Umum18 Agu 2022

Pernah merasakan lutut sakit setelah jongkok atau saat bangun dari duduk bersila? Berikut ini kemungkinan penyebab nyeri tersebut.

Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Sering Terbangun Saat Dini Hari, Mistis atau Gangguan Medis?

Kesehatan Umum16 Agu 2022

Sering terbangun saat dini hari sering dikaitkan dengan kejadian mistis. Padahal, ada beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkannya. Apa saja? Simak di sini.

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Waspada Infeksi Cacing Mata, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Kesehatan Umum13 Agu 2022

Infeksi cacing tidak hanya bisa terjadi di dalam saluran pencernaan, tapi juga di mata. Kenali fakta infeksi cacing mata agar Anda lebih waspada.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert