Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan LansiaTips Menangani Nyeri Lutut pada Lansia
Kesehatan Lansia

Tips Menangani Nyeri Lutut pada Lansia

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 10 Jun 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Semakin bertambah usia, nyeri lutut makin rentan dirasakan lansia. Anda juga mengalaminya? Simak cara mengatasi nyeri lutut pada lansia berikut.

Tips Menangani Nyeri Lutut pada Lansia

Seiring bertambahnya usia, salah satu keluhan yang kerap dirasakan lansia adalah nyeri lutut. Masalah tersebut membuat gerak dan aktivitas seseorang jadi terhambat. Keluhan ini kerap menjadi kendala saat beraktivitas.

Terdapat beberapa penyebab nyeri lutut pada lansia, salah satunya adalah osteoarthritis. 

Namun, sebelum berobat ke dokter, tak ada salahnya Anda mencoba cara rumahan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri lutut pada lansia.

1. Lakukan Olahraga atau Aktivitas Fisik Ringan

Olahraga bisa menunda perkembangan penyakit osteoarthritis, penyebab paling sering nyeri lutut pada lansia.

Osteoarthritis adalah jenis radang sendi yang paling umum. Pada penyakit egenerative ini, tulang rawan yang menjadi bantalan persendian rusak, sehingga terjadi pengapuran sendi. Hal ini dapat menimbulkan gesekan pada sendi dan memicu nyeri. 

The American College of Rheumatology serta The Arthritis Foundation mendorong orang-orang untuk berolahraga guna mencegah terjadinya osteoarthritis. 

Bagi lansia, lakukan gerakan olahraga sederhana, seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau yoga di rumah.

Fisik yang aktif juga dapat menjaga jaringan tulang rawan Anda, baik untuk penderita osteoarthritis atau tidak. Olahraga secara rutin juga memperkuat sendi-sendi lutut Anda.

Artikel lainnya: Lutut Berbunyi Ketika Ditekuk, Apa Sebabnya?

2. Meditasi

Untuk mengatasi nyeri lutut pada lansia, cara lainnya bisa dengan meditasi. Melakukan praktik meditasi dapat membantu mengurangi gejala nyeri lutut yang Anda alami.

Anda bisa memulai meditasi di awal hari, misalnya selama 5 menit. Lakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasilnya.  

3. Menjaga Berat Badan

Jika Anda ingin mencegah terjadinya nyeri lutut di usia tua, jagalah berat badan tetap seimbang. Sebab, berat badan berlebihan tak hanya mempercepat kerusakan sendi, tetapi juga dapat tingkatkan risiko osteoarthritis yang bisa menjadi pencetus nyeri lutut.

Makan dengan nutrisi seimbang akan membantu memelihara berat badan. Konsumsilah makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayuran. Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. 

Artikel lainnya: Benarkah Ekstrak Kerang Hijau Dapat Atasi Nyeri Sendi Lansia?

4. Kompres dengan Es

Salah satu cara mengatasi sakit lutut pada orang tua adalah dengan kompres es. Dinginnya es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. 

Untuk mengaplikasikannya, bungkus es dengan kain atau handuk. Letakkan kompres pada bagian yang sakit selama 20 menit. Lakukan beberapa kali pada hari-hari pertama cedera.

Kemudian, letakkan kaki yang nyeri di atas bantalan untuk mendorong sirkulasi dan mengurangi pembengkakan. Idealnya, lutut harus berada di atas ketinggian jantung.

5. Istirahat

Jika nyeri lutut diakibatkan terjatuh atau keseleo, sebaiknya istirahatkan kaki yang cedera terlebih dahulu. Istirahat dapat mengurangi risiko cedera lebih lanjut dan memberi waktu pada jaringan untuk pulih.

Namun, menghentikan sama sekali semua aktivitas dan gerakan tidak juga disarankan. Hal ini justru dapat menyebabkan kekakuan dan—seiring waktu—otot akan menjadi lemah.

Artikel lainnya: Pentingnya Latihan Pinggul bagi Lansia dan Cara Lakukannya

6. Konsumsi Obat Antinyeri

Konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid dan obat lain bisa menjadi cara mengatasi nyeri lutut pada lansia. 

Obat-obatan yang bisa bantu mengatasi nyeri tersebut meliputi capsaicin topikal, obat antiinflamasi nonsteroid oral ataupun topikal (NSAID), suntikan steroid ke sendi, dan tramadol.

Namun, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan resep yang tepat.

Demikian beberapa cara mengatasi nyeri lutut pada lansia. Mulai dari mengaplikasikan kompres es hingga konsumsi obat antinyeri.

Nyeri lutut adalah keluhan yang umum terjadi pada lansia, karena itu diperlukan penanganan yang optimal untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Jangan sampai nyeri lutut menjadi penghalang kualitas hidup yang baik untuk Anda. 

Konsultasi dengan dokter bisa Anda lakukan dengan lebih mudah melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

LansiaNyeri LututOsteoarthritis

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter