Ginjal dan Saluran Kemih

Hati-hati, Ini Bahaya Makan Belimbing untuk Ginjal!

dr. Alvin Nursalim, 21 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Meski nikmat, penderita sakit ginjal rupanya tak boleh makan buah belimbing. Kenapa, ya? Apa belimbing untuk ginjal itu ternyata berbahaya?

Hati-hati, Ini Bahaya Makan Belimbing untuk Ginjal!

Belimbing adalah buah yang dipercaya dapat mengatasi hipertensi alias tekanan darah tinggi. Meski bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah, sayangnya, belimbing justru jadi musuh bagi penderita penyakit ginjal.

Memangnya apa sih bahaya makan belimbing untuk ginjal

Bahaya Belimbing untuk Ginjal

Belimbing mengandung beragam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu mineral yang paling banyak terkandung di dalam belimbing adalah kalium alias potassium.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, satu buah belimbing berukuran sedang dengan bobot 100 gram, mengandung 130 mg kalium. 

Nah, pengidap sakit ginjal punya organ yang tidak berfungsi normal sehingga tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari dalam tubuh. Kalium yang menumpuk di dalam tubuh kemudian berubah menjadi racun yang makin merusak ginjal.

Artikel lainnya: Makan Nanas Madu Bisa Bikin Sakit Ginjal, Benarkah?

Penderita Ginjal Tetap Boleh Konsumsi Belimbing?

Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil

Hingga saat ini, belum ada panduan yang disepakati soal takaran aman konsumsi belimbing untuk penderita gangguan ginjal. Selain itu, belimbing apa pun jenisnya tidak disarankan dikonsumsi penderita sakit ginjal. 

Menurut penelitian dalam Jornal Brasileiro de Nefrologia, bahaya belimbing dapat menimbulkan efek beracun untuk ginjal yang tidak berfungsi normal. Kandungan karamboksin dalam belimbing jadi penyebabnya.

Normalnya, orang dengan ginjal yang sehat dapat menyaring dan mengeluarkan karamboksin dari tubuhnya. Pada pengidap sakit ginjal, zat beracun ini menumpuk dalam tubuh. 

Karamboksin dapat mengganggu sistem saraf pusat sehingga penderita sakit ginjal bisa cegukan, merasa tidak nyaman, dan bingung. Pada kasus yang parah, racun saraf ini bisa memicu kejang hingga kematian.

Tindakan multidisiplin perlu dilakukan untuk mewaspadai efek samping makan belimbing pada pasien sakit ginjal kronis. Jadi, bagi kamu pengidap sakit ginjal, sebaiknya batasi atau hindari sama sekali asupan belimbing, ya!

Artikel lainnya: Deretan Buah yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Sembarangan

Selain Belimbing, Hindari Buah Ini Juga

Pisang

Ternyata tak cuma belimbing yang dilarang untuk penderita sakit ginjal. Supaya penyakit tidak makin memburuk, penderita sakit ginjal juga perlu menghindari konsumsi buah di bawah ini:

1. Pisang

Pisang mengandung kalium yang tinggi, yaitu 422 mg. Makin tinggi potassium, makin besar risiko perburukan penyakit ginjal kamu.

2. Jeruk

Satu jeruk besar seberat 184 gram mengandung 333 mg kalium. Jika dibuat jadi secangkir jus, jumlah kaliumnya bertambah jadi 473 mg.

Karena tingginya kandungan kalium dalam jeruk, hindari konsumsi jeruk maupun produk olahannya, ya!

3. Aprikot

Satu cangkir aprikot segar mengandung 427 mg kalium. Sementara, satu cangkir aprikot kering memiliki lebih dari 1.500 mg kalium. 

4. Tomat 

Secangkir saus tomat mengandung lebih dari 900 mg potassium. Hindari buah tomat segar maupun yang sudah diolah agar kerusakan ginjal tidak makin parah.

Artikel lainnya: Jus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal

Kini kamu sudah mengetahui bahaya belimbing untuk pengidap sakit ginjal. #JagaSehatmu dengan tidak mengonsumsi belimbing maupun buah tinggi kalium yang bisa membahayakan ginjal.

Apabila kamu punya pertanyaan seputar asupan yang aman untuk penderita sakit ginjal, konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

buahginjal

Konsultasi Dokter Terkait