Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi Mulut6 Pilihan Bahan Alami untuk Atasi Masalah Bau Mulut
Gigi Mulut

6 Pilihan Bahan Alami untuk Atasi Masalah Bau Mulut

Siti Putri Nurmayani, 28 Agu 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bau mulut bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, ini 6 bahan alami untuk bau mulut yang bisa kamu gunakan di rumah.

6 Pilihan Bahan Alami untuk Atasi Masalah Bau Mulut

Bau mulut menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini bisa dialami karena gigi berlubang, jarang menggosok gigi, atau tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

Aroma kurang sedap yang keluar dari mulut bisa membuat suasana hati menjadi buruk, karena merasa tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Bahkan, masalah mulut yang satu ini juga bisa mengganggu penampilan.

Beruntungnya, ada sejumlah bahan alami untuk bau mulut yang bisa digunakan. Apa saja pilihannya? Yuk, cari tahu cara mengatasi bau mulut selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

1. Lime

Lime merupakan salah satu anggota keluarga jeruk yang dikenal punya banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, buah yang satu ini bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau mulut.

Formula dalam jeruk ini terbukti dapat menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans yang dapat menyebabkan bau mulut. Agar lebih efektif, kamu bisa mencampurnya dengan minyak atsiri serai, ya!

2. Daun Sirih

Daun sirih sering kali dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Tak heran, kandungan ini banyak digunakan dalam produk pembersih gigi, baik itu pasta gigi atau obat kumur.

Dikutip dari Dentistry Journal, daun sirih memiliki aktivitas antimikroba yang bisa melawan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, bahan alami ini juga dapat mengurangi penumpukan plak pada gigi dan perdarahan.

3. Aloe Barbadensis Leaf

Lidah buaya (Aloe barbadensis) merupakan tanaman yang punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mulut dan gigi. Melansir dari Sage Journals, Aloe barbadensis memiliki sifat anti-inflamasi, antijamur, dan antibakteri.

Hal ini serupa dengan yang dibuktikan dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences. Menurut penelitian tersebut, sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam lidah buaya dapat mengurangi peradangan pada radang gusi (gingivitis) akibat penumpukan plak.

Tak hanya itu, daun lidah buaya juga terbukti dapat membantu mengendalikan bakteri penyebab gigi berlubang yang bisa menimbulkan bau mulut.

4. Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, siapa sangka bahan alami ini ternyata juga punya dampak baik untuk kesehatan mulut dan gigi, lho.

Bahan alami yang satu ini memiliki aktivitas disinfektan yang dapat membantu menghambat produksi senyawa sulfur, salah satu penyebab bau mulut. Untuk itu, kamu bisa terhindar dari bau mulut bila menggunakan produk pembersih gigi dan mulut yang mengandung ekstrak teh hijau.

5. Cengkeh

Cengkeh menjadi salah satu pilihan bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Rempah-rempah yang satu ini dapat berperan sebagai antiseptik untuk melawan bakteri penyebab infeksi di mulut.

Tak heran, banyak produk perawatan mulut dan gigi yang mengandung cengkeh di dalamnya, termasuk pasta gigi dan obat kumur.

Artikel Lainnya: Perlukah Anak-anak Menggunakan Mouthwash? 

6. Kayu Manis

Berdasarkan Molecules Journal, ekstrak kayu manis menunjukkan aktivitas antimikroba yang signifikan terhadap bakteri di mulut. Bahan alami ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah bau mulut.

Selain mengobati masalah bau mulut atau halitosis, kayu manis juga bermanfaat dalam mencegah karies dan penyakit periodontitis.

Untuk mengatasi bau mulut, gunakan Pepsodent Mouthwash Herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Obat kumur yang satu ini mengandung active zinc yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri.

Selain itu, Pepsodent Mouthwash Herbal juga diformulasikan tanpa alkohol, sehingga efektif untuk melawan bakteri dan memberikan rasa nyaman di mulut.

Kandungan fluoride yang ada di dalam Pepsodent Mouthwash Herbal bisa mencegah gigi berlubang dan mengembalikan mineral yang hilang pada email gigi. Bahkan, obat kumur ini juga bisa memberikan perlindungan selama 18 jam untuk melawan plak atau lapisan bakteri.

Kabar baiknya, kandungan yang ada di dalam Pepsodent Mouthwash Herbal sudah tersertifikasi halal, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya secara rutin.

Yuk, #JagaSehatmu dan area mulut dengan membersihkannya secara rutin. Bila punya masalah kesehatan gigi dan mulut, segera konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

Advertorial

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter